Sukses

Bercak Putih di Pundak

18 Oct 2014, 15:43 WIB
Pria, 22 tahun.
Permisi Dokter..saya mau tanya di bagian pundak saya ada bercak putih sudah 3 bulan saya abaikan saya kira akan hilang dngan sendirinya trnyata malah menyebar ke bagian dada..tolong saran nya yg terbaik untk ngilanginya Dok!trima kasih..
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Saudara/Bapak yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Bercak keputihan yang Anda sebutkan di dalam dunia medis disebut dengan bercak hipopigmentasi. Hipopigmentasi dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu :

  • hipopigmentasi pasca peradangan/luka di kulit

  • pitiriasis versikolor atau dikenal dengan panu

  • vitiligo

  • lepra

  • pitiriasis alba

Untuk menghilangkan bercak tersebut harus dicari apa penyebabnya. Bila penyebabnya adalah pitiriasis versikolor maka dapat diberikan obat jamur yang sesuai. Terapi disesuaikan dengan penyebabnya. P

Hipopigmentasi yang tiba-tiba muncul dengan sendirinya dapat juga disebabkan oleh vitiligo. Vitiligo adalah gangguan pigmentasi dimana melanosit (sel yang membentuk pigment) di area kulit hancur/rusak. Sebagai hasilnya, terdapatlah bercak putih yang muncul pada kulit di berbagai bagian tubuh. Penyebab dari vitiligo masih belum diketahui. Vitiligo diperkirakan merupakan penyakit autoimun atau gangguan kekebalan tubuh seseorang. 

 

 

Karena banyaknya kemungkinan penyebab terjadinya hipopigmentasi, kami sarankan Anda berkonsultasi ke dokter kulit untuk dilakukan pemeriksaan secara langsung agar dapat diketahui penyebabnya. Dengan demikian, dokter dapat memberikan pengobatan sesuai penyebabnya. Penyakit kulit akan lebih mudah didiagnosis apabila dilihat secara langsung karena perlu diketahui lokasi tepatnya, ukuran dan lainnya. Penggunaan salep secara sembarangan tanpa mengetahui penyebabnya tidak akan memberikan hasil yang efektif.  

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar