Sukses

Suntik KB 3 Bulan

24 Aug 2014, 07:47 WIB
Wanita, 25 tahun.
Dok..kenapa setelah saya memakai kb suntik 3 bln ..saya mengalami haid yg terus menerus? Dan akhir2 ini saya sering mengalami nyeri perut dan pinggang yg pegal2 sprti gejala PMS. Bagaimana mengembalikan siklus menstruasi saya agar normal lg? Saya sudah hmpir 5 bulan lpas kb dok. Trima kasih

Terima kasih telah menghubungi layanan e-konsultasi KlikDokter.

KB hormonal (termasuk suntik KB 3 bulan dan/atau pil pemberhenti mens sementara) memang dapat menyebabkan gangguan dari menstruasi. Biasanya pada penggunaan awal (3 bulan pertama) dapat terjadi perdarahan yang tidak teratur, beberapa efek lain seperti  lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, bercak atau tidak haid sama sekali, perdarahan tidak menentu pada beberapa bulan pertama.

Lama-kelamaan menstruasi bisa tidak dapat sama sekali. Hal ini sering dialami oleh wanita yang menggunakan kontrasepsi suntik KB 3 bulan. Umumnya bila menggunakan suntik KB 3 bulan maka pengembalian kesuburan dan menstruasi normal kembali setelah penghentian 5-7bulan. 

Bila Anda ingin memastikannya, dapat konsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan kandungan dan dilakukan pemeriksaan USG kandungan (jika diperlukan) untuk melihat apakah terdapat gangguan organ kandungan.

Semoga informasi yang diberikan bermanfaat. (DNE)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar