Sukses

Penyakit Katup Jantung

18 Oct 2014, 10:31 WIB
Pria, 23 tahun.
salam dok. saya sering cepat lelah dan jantung berdebar-debar. walau hanya beraktifitas 1 sampai 2 menut saja. aktivitas saya terganggu dengan keadaan ini. terus saya periksa ke dokter. kata dokter, saya kena penyakit jantung (masalah katub jatung). setahu saya penyakit jatung itu biasanya orang lanjut usia yg menderita. kok umur saya yg masih muda ini bisa terkeda. pertanyaan saya : apakah penyebab penyakit katub jantung ini ?? terus bisakah sembuh tanpa operasi ??

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klik Dokter.

Dalam jantung terdapat 4 buah katup yang memastikan bahwa darah dapat mengalir bebas keluar jantung melalui satu arah dan mencegah agar tidak ada aliran darah yang berbalik masuk ke dalam jantung. Klep atau katup jantung yang mana yang bocor? jantung memiliki 4 ruang dan 4 klep, masing-masing klep dapat bocor dengan penyakitnya masing-masing. Kebocoran katup jantung (insufisiensi katup jantung) terjadi akibat katup jantung tidak dapat menutup dengan sempurna sehingga sebagian darah dapat mengalir berbalik arah saat jantung berkontraksi. Akibatnya, jantung gagal memompa darah secara efektif ke seluruh tubuh. Semakin besar kebocoran katup yang terjadi maka dibutuhkan usaha jantung yang semakin keras untuk mengatasi masalah tersebut.

Berikut adalah beberapa faktor yang melatarbelakangi seseorang dewasa mengalami kebocoran jantung :

  1. Endokarditis Infektif – Sebagian besar orang sehat, jantung normal tidak beresiko signifikan untuk terkena infeksi katup jantung ini

  2. Bedah mulut atau operasi yang melibatkan mulut, kantung kemih, prostat, atau organ pelvis wanita

  3. Pecandu obat yang menyuntikan obat melalui vena mereka menggunakan jarum tidak steril

  4. Demam reumatik – Ini diakibatkan respon alergi pada tipe tertentu bakteri streptokokal. Jika ini terjadi, ini mungkin sering terjadi pada anak yang mengalami infeksi streptokokal yang tidak diobati sepenuhnya.

  5. Serangan jantung dan gangguan jaringan konektif tertentu seperti sindrom Marfan dan degenerasi myxomatus

Terapi yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah katup jantung tergantung dari jenis dan keparahan dari kelainan tersebut. Dengan pemeriksaan lebih lanjut dokter dapat mengidentifikasi lokasi, tipe dan luasnya kelainan katup jantung anda. Hasil dari pemeriksaan tersebut akan membantu dokter memutuskan prosedur pengobatan yang terbaik untuk anda. Jika kelainan katup Anda tidak terlalu berat, mungkin dokter akan memberikan beberapa obat-obatan untuk mengurangi gejala ataupun untuk mengurangi kerusakan katup lebih lanjut. Namun, jika kelainan katup Anda sudah berat diperlukan operasi penggantian katup untuk mencegah timbulnya kelainan jantung yang lebih berat. Kami sarankan Anda melakukan konsultasi langsung dengan dokter spesialis jantung.

Semoga informasi ini bermanfaat. (DNE)

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar