Sukses

Gigi Patah dan Gusi Sakit

25 Aug 2014, 10:05 WIB
Pria, 19 tahun.
Bu/pa saya mau tanya soal gusi gigi Kenapa gusi gigi saya sering sakit Pa gara" gigi saya patah terus gusinya sakit Gigi saya payah udah 4 bulan yang lalu Gusi nya sembuh terus beberapa bulan kemudian trasa sakit kembali? Pasta gigi pah yang saya harus pake Pepsoden Formula atau yg lain Mohon bantuannya Dan gimna cara mencegah dan mngobtinya Sakitnya bikin makan jadi berkurang Terima kasih
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Pada gigi yang mengalami trauma dan menyebabkan patah pada mahkotanya memang dapat mempengaruhi kesehatan jaringan sekitarnya seperti gusi. Dalam informasi yang Anda berikan tidak dijelaskan gigi mana yang patah dan apakah gigi mengalami goyang atau tidak.

Gigi yang patah masih dapat diselamatkan, namun rencana perawatannya bergantung pada kondisi gigi tersebut, yaitu dilihat dari seberapa banyak sisa jaringan mahkota gigi dan apakah ruang pulpa yang berisi syaraf gigi sudah terbuka/belum. Selama ruang pulpa masih tertutup dan sisa jaringan gigi masih cukup banyak atau sesuai indikasi penambalan maka gigi yang patah dapat ditambal biasa menggunakan tambalan sewarna gigi yang dikeraskan dengan sinar, yaitu resin komposit. Namun jika ruang pulpa sudah terbuka, maka pulpa dapat terinfeksi oleh kuman. Oleh sebab itu gigi tidak dapat lagi ditambal biasa, tapi harus dilakukan perawatan saraf terlebih dahulu yang bertujuan mensterilkan mahkota gigi dan akar dari infeksi kuman. Setelah perawatan tersebut selesai,  baru kontur gigi diperbaiki menyerupai bentuknya seperti semula.

Bagaimanapun, ada baiknya Anda berkonsultasi secara langsung ke dokter gigi agar dapat dilakukan pemeriksaan klinis sehingga dapat diketahui seberapa parah trauma pada gigi Anda tersebut dan dilakukan rencana perawatan yang tepat. Perlu Anda ketahui bahwa kerusakan yang terjadi karena trauma pada gigi yang menimbulkan gangguan berupa rasa sakit pada gusi tidak dapat diatasi dengan pasta gigi.

Berikut artikel yang dapat Anda baca

Gigi Depan Patah, Ini Solusinya

Pertolongan Pertama Pada Gigi Patah

Demikian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat.

Salam

drg. Arni Maharani

0 Komentar

Belum ada komentar