Sukses

Batal Menikah Karena Diabetes?

19 Oct 2014, 15:23 WIB
Pria, 21 tahun.
dok, apakah penderita diabetes bisa memiliki keturunan / anak ? dan resikonya terhadap keturunan / anak itu apa dok ? saya kini berpacaran dengan penderita diabetes. dia sudah kena tipes sejak umur 17 tahun. saya ingin menuju kejenjang pernikahan bersama dia. makasih....

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Diabetes merupakan penyakit akibat kegagalan sel pankreas dalam memproduksi insulin. Insulin merupakan hormon yang penting dalam memasukkan gula ke dalam sel tubuh. Akibat minimnya jumlah insulin tubuh, maka gula tidak dapat masuk ke dalam sel tubuh dan menyebabkan peningkatan gula darah. 

Hal paling penting yang perlu diperhatikan adalah apakah saat ini Kekasih Anda mengontrol penyakit diabetesnya dengan obat pemberian dokter? Apabila sudah teratur mengontrol diabetes, Anda tidak perlu terlalu khawatir karena orang dengan diabetes pun dapat punya anak.

Memang benar bahwa penyakit diabetes dapat diturunkan dari orang tua kepada anaknya. Namun, tidak semua anak dengan orang tua yang diabetes pasti 100% akan mengalami diabetes juga. Jika orang tua anda mengidap diabetes, anda akan mempunyai risiko sekitar 30% untuk menderita penyakit tersebut. Hal tersebut dapat terjadi karena penyakit diabetes melitus tidak hanya disebabkan oleh faktor genetik, tapi juga dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti:

  • Pola makan yang berlebihan

  • Obesitas

  • Bahan-bahan kimia dan obat-obatan yang merusak pankreas

  • Penyakit pada pankreas

  • Pola hidup yang tidak suka berolahraga

Sedangkan Penyakit tifus (demam tifoid) adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella sp. Bakteri ini masuk menginfeksi saluran pencernaan melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi, untuk kemudian masuk ke dalam peredaran darah. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan pemberian Antibiotik selama 7 - 14 hari.

Penyakit typhoid tidak berhubungan dengan adanya penyakit diabetes mellitus, namun memang dengan adanya penurunan daya tahan tubuh apabila kadar gula darah tubuh tidak terkendali, Kekasih Anda akan lebih mudah terinfeksi oleh kuman ini. Sebaiknya memang Kekasih Anda banyak istirahat dan konsumsi makanan yang bergizi dan bersih. 

Semoga penjelasan ini bermanfaat. (DNE)

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter

0 Komentar

Belum ada komentar