Sukses

Nyeri Perut Kanan Atas dan Suka Lebam

19 Oct 2014, 23:13 WIB
Wanita, 28 tahun.
asalamualaikum..do? saya mau tanya,kadang-kadang saya suka merasa nyeri perut kanan sebelah atas,dan disertai nyeri punggung sebelah kanan juga.selain itu beberapa hari yang lalu kaki dan tangan saya lebam-lebam tanpa sebab.selain itu akhir-akhir ini saya juga sering merasa nyeri kepala sebelah (migrain).saya sempat googling,dari ciri-ciri itu ada yg menjurus ?epada penyakit leukimia dan ada juga yang menjurus kepada infeksi pankreas.untuk mengetahui penyakit pasti saya harus melakukan tes darah apa saja dok?terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Keluhan pada perut atas bagian kanan dapat disebabkan karena berbagai macam hal. Yang perlu diketahui adalah organ di daerah tersebut, yaitu kulit, otot, hati, empedu, tulang (apabila nyeri berdekatan dengan daerah tulang iga). Masing-masing organ tersebut dapat menyebabkan keluhan nyeri.

Perlu dicari lebih dalam lagi adakah riwayat trauma, riwayat penyakit hati seperti hepatitis, riwayat minum alkohol, memakai jarum suntik bersama, transfusi darah, riwayat gastritis (maag), hubungan antara keluhan nyeri dan makanan, kapan saja terjadinya nyeri, sejak kapan, dan masih banyak anamnesis atau hal yang perlu diketahui sebelum dapat ditentukan kemungkinan penyebabnya.

Adanya perdarahan di bawah kulit, yang dalam dunia kedokteran dikenal dengan nama petekie, dapat timbul akibat pecahnya pembuluh darah kecil di bawah kulit. Petekie ini umumnya akan menghilang sendiri. Petekie dapat terjadi akibat beberapa hal, diantaranya :

  • akibat trauma / benturan terhadap benda keras. Terkadang dalam keadaan tidak sadar (misal tidur), seseorang sering mengalami benturan terhadap benda-benda keras disekitarnya sehingga timbul lebam pada kulit yang akan menghilang dengan sendirinya dalam beberapa hari.
  • adanya trombositopenia (jumlah trombosit darah yang rendah) akibat adanya infeksi virus seperti pada demam berdarah
  • akibat adanya kelainan darah yang lain, seperti purpura trombositopenia idiopatik, leukimia, dll

Saran kami sebaiknya Anda ke Dokter Spesialis Penyakit Dalam untuk dilakukan anamnesa lengkap dan pemeriksaan fisik ataupun pemeriksaan penunjang yang sekiranya diperlukan.

Semoga bermanfaat. (DNE)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar