Sukses

Nyeri Perut Bagian Atas & Sakit Bila Berjalan

19 Oct 2014, 04:11 WIB
Wanita, 22 tahun.
Selamat malam dok, maaf mengganggu walaupun offline. Saya memiliki keluhan sakit pada bagian perut atas dan perut bawah. Kalau dibawa jalan suka sakit maunya dibawa tidur dan mencari posisi yg enak untuk meredakan nyeri tersebut. Awalnya nyeri diatas perut atas sblh kiri smpe menembus ke belakang punggung rasa nyerinya. Ini terjadi ketika tanggal 22-agustus-2014 sekitar sore sampai mlm ini dok. Kira kira yang saya harus lakuin apa dok? Adakah obatnya dok agar saya bisa beli di apotek terdekat?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekahwatiran yang Anda rasakan. Nyeri perut bagian atas dan dirasakan sakit ketika berjalan bisa disebabkan Nyeri pada ulu hati karena adanya masalah pada saluran cerna, khususnya organ lambung. Sakit maag dalam dunia medis disebut juga dengan dispepsia. Dispepsia dapat terjadi pada penyakit tukak lambung atau gastritis fungsional (maag). Gastritis fungsional yaitu peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Gastritis fungsional dapat diatasi dengan jadwal makan yang teratur, mengurangi pemicu seperti stres, menghindari makanan yang merangsang asam lambung seperti makanan pedas, asam dan terlalu berbumbu, kopi serta mengonsumsi obat maag bila terjadi kekambuhan akut. Berbeda lagi dengan tukak lambung. Pada tukak lambung terdapat perlukaan di daerah dinding lambung karena bakter H. pylori. 

Perubahan pola hidup berperan penting dalam penyembuhan penyakit ini. Jangan sampai telat makan/usahakan makan teratur, makan sedikit-sedikit tetapi sering, hindari konsumsi makanan pedas, asam, alkohol, rokok, kafein dan hindari stress. Selain itu, sebaiknya menghindari konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, merokok dan hal-hal lain yang dapat  merangsang asam lambung. 


Jika keluhan ini terus berlanjut, mohon hubungi dokter segera untuk pemeriksaan lebih lanjut. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (DNA)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar