Sukses

BAB Banyak & Selangkangan Hitam

19 Oct 2014, 18:40 WIB
Pria, 19 tahun.
dok saya pria usia 19 tahun, saya mau tanya ko saya susah sekali menaikkan berat badan ya? saya udah minum obat cacing dan lanjut nafsu makan yang tinggi ditambah susu rendah lemak dan rajin berolahraga tapi sekitar dua hari sekali saya buang air besar dan setiap saya buang air besar yang dibuang sangat banyak berbeda dengan ketika saya makan sedikit. apakah semua yang saya makan tidak ada yang terserap dok? dan apa yang harus saya lakukan? dan juga saya mengalami gatal diselangkangan yang orang katakan adalah komplikasi dari gangguan pencernaan. pada post sebelumnya sudah dijawab oleh dokter, tetapi jawabannya sudah saya lakukan dan dokter (maaf) sedikit tidak nyambung dengan pertanyaan saya, tolong dibaca kembali dok. dan jawaban dokter sudah saya lakukan sebelumnya

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Maaf atas jawaban pertanyaan sebelumnya. Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya bahwa berat badan tidak bertambah seringkali disebabkan karena konsumsi energi yang lebih rendah daripada kebutuhan. Hal tersebut mengakibatkan sebagian cadangan energi tubuh dalam bentuk lemak akan digunakan. Selain itu, seseorang yang termasuk dalam kategori kurus dapat juga disebabkan oleh beberapa penyakit tertentu, seperti infeksi kronis (misal TBC), penyakit hipertiroid, atau keganasan.  BAB yang banyak bukan berarti semua makanan Anda tidak ada yang terserap, merujuk dari pernyataan Anda hanya BAB dua hari sekali, menurut kami wajar jika sekali Anda BAB jumlahnya banyak.  Dan juga tidak ada ada keterkaitan antara selangkangan hitam dengan gangguan pencernaan. 

Daerah selangkangan berwarna kehitaman di dalam dunia kedokteran disebut dengan hiperpigmentasi  Izinkan kami menjelaskan tentang berbagai penyebab dari keluhan ini. Hiperpigmentasi ini dapat dicetuskan oleh beberapa faktor, diantaranya adalah perubahan hormonal, pemakaian pil KB (bagi wanita), kurang terjaga kebersihan, atau seringnya terjadi gesekan antar kulit.

Akibat faktor pencetus ini maka akan terjadi peningkatan produksi pigmen pada melanosit. Peningkatan produksi pigmen pada sel kulit akan menyebabkan area kulit menjadi lebih gelap daripada sekitarnya.

Selangkangan Hitam juga dapat disebabkan oleh Candidiasis yang merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur. Dermatitis kruris merupakan peradangan pada kulit di daerah selangkangan. Kedua penyakit kulit tersebut menimbulkan gejala gatal. Kondisi yang Anda alami mungkin saja disebabkan salah satu dari kedua diagnosis tersebut. Diagnosis penyakit kulit tersebut dapat ditegakkan setelah dilihat secara langsung. Umumnya kondisi ini dicetuskan oleh kondisi daerah sekitar anus dan kemaluan yang tidak terjaga kebersihannya dan selalu lembab. Obat untuk kedua penyakit ini berbeda. Kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter untuk mengatasi penyakit ini. Untuk sementara, sebaiknya Anda menjaga kebersihan daerah kemaluan dan sering berganti pakaian dalam.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (DNA)

Salam,

 

Tim Redaksi Klik Dokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar