Sukses

Mata Anak Menonjol

19 Oct 2014, 06:42 WIB
Pria, 33 tahun.
mata anak saya yang menonjol sebelah kanan saja..dan itu terjadi pas anak saya umur 1 tahun 2 bulan..berawal matanya seperti mata kucing..katanya dokter mata tumor..apakah ada obat yang bisa menyembuhkan tanpa lalui operasi dok..pernah saya minumkan ace max matanya mulai ada perubahan...tapi selama saya tdk minumkan lagi matanya malah nonjol keluar ..mohon bantuannya dok...
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Mata yang menonjol ke luar disebut exopthalamos (protisis) dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti penyakit hipertiroid, tumor, kista dan banyak lagi. Walaupun penyebab paling sering dari mata menonjol (exopthalmos) adalah penyakit hipertiroid, namun kami tidak dapat menyatakan apa apa mengenai kondisi Anda karena diperlukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu sebelum dapat menegakkan diagnosis. Pada kondisi exopthalmos biasanya dialami pada kedua sisi mata. 

Pada kebanyakan orang bila penonjolan mata disebabkan oleh keadaan hipertiroid maka bila diobati hipertiroidnya, penonjolan mata dapat hilang sendiri. Bedah mata dilakukan saat penyakit hipertiroid sudah stabil selama 6 bulan, dan bila penonjolan mata ini merusak aliran saraf. Beberapa jenis operasi dapat dilakukan juga untuk memperbaiki kelopak mata, dan organ-organ dalam mata bila sudah terjadi komplikasi. 

Yang perlu dikhawatirkan lagi adalah kekeringan dari mata yang disebabkan oleh penonjolan mata oleh karena kelopak mata tidak dapat menutup. Oleh karena dapat terjadi kekeringan mata, maka biasanya dokter akan memberikan lubrikan atau air mata buatan untuk mata Anda. Segera konsultasikan kondisi Anda dengan dokter spesialis mata, agar diketahui dengan pasti kondisi yang Anda alami dan Anda mendapatkan terapi yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda. 

iDemikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (AK)

Salam,


Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar