Sukses

KB Suntik dan Haid Tidak Teratur

19 Oct 2014, 20:16 WIB
Wanita, 22 tahun.
Misi Dok, saya mau tanya. Saya mengikuti program Kb Suntik 3 bulanan selama 3.5 tahun, dan saya berhenti Suntik sejak November 2013. Lalu saya tidak mendapat haid sampai bulan Juni 2014. Saya selesai haid tanggal 19 Juni, lalu saya Kb Suntik 3 Bulanan lagi pada tanggal 21 Juni. Saya dijadwalkan Suntik Kb kembali tanggal 8 September, namun mengapa saya mengalami haid pada tanggal 22 Agustus (hari ini)? Padahal sebelumnya saya tidak pernah mendapat haid saat Kb Suntik dulu.
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. KB hormonal (termasuk suntik KB 3 bulan) memang dapat menyebabkan gangguan dari menstruasi. Biasanya pada penggunaan awal (3 bulan pertama) dapat terjadi perdarahan yang tidak teratur, beberapa efek lain seperti  lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, bercak atau tidak haid sama sekali, perdarahan tidak menentu pada beberapa bulan pertama.

Lama-kelamaan menstruasi bisa tidak dapat sama sekali. Hal ini sering dialami oleh wanita yang menggunakan kontrasepsi suntik KB 3 bulan. Umumnya bila menggunakan suntik KB 3 bulan maka pengembalian kesuburan dan menstruasi normal kembali setelah penghentian 5-7bulan. 

Bila Anda ingin memastikannya, dapat konsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan kandungan dan dilakukan pemeriksaan USG kandungan (jika diperlukan) untuk melihat apakah terdapat gangguan pada organ kandungan.

Jika Anda merasa tidak nyaman dengan KB yang Anda gunakan sekarang, Anda dapat menggunakan metode lain seperti penggunaan kondom, atau pemasangan spiral. Spiral dapat bertahan hingga 8 tahun dan tidak berpengaruh terhadap hormon tubuh sehingga tidak akan mengganggu siklus haid. Jika Anda ingin memiliki anak setelah menggunakan spiral Anda dapat langsung meminta dokter untuk mencabut spiral dan kesuburan Anda akan langsung kembali tanpa harus menunggu berbulan-bulan.

Berikut beberapa artikel yang dapat Anda baca:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AK)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter



 

0 Komentar

Belum ada komentar