Sukses

Nyeri Saat Haid

27 Aug 2014, 12:32 WIB
Wanita, 18 tahun.
hallo dok, saya ingin bertanya,mengapa saya setiapkali datang bulan pinggang saya sakit sekali dan habisnya masa mens saya paling cepat seminggu dan bila datng bulan saya mudah sekali terserang penyakit seperti penyakit maag dll.terima kasih

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami dapat memahami perasaan Anda. Seorang wanita memang seringkali merasakan berbagai sensasi menjelang (1-2 minggu sebelum menstruasi), selama, atau setelah masa menstruasi, yang biasa disebut dengan sindroma pra-menstruasi. Sensasi yang dirasakan dapat sangat bervariasi baik dalam derajat maupun bentuk keluhannya pada setiap individu. Di antara keluhan-keluhan yang ada, yang paling sering dirasakan adalah keluhan nyeri pada perut bagian bawah. Selain itu, dapat pula ditemukan nyeri payudara, kembung, sakit kepala, hingga perubahan mood.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena berbagai keluhan tersebut merupakan hal yang wajar ditemukan selama beberapa hari di awal masa menstruasi. Untuk meredakan nyerinya, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda terapkan:

1. Relaksasi. Cobalah untuk menjadi lebih rileks dengan:

  • memperhatikan kualitas istirahat yang cukup
  • kompres bagian yang nyeri menggunakan air hangat, atau
  • cobalah berendam dengan air hangat dengan menyampurkan minyak aromatik (untuk relaksasi)
  • pijatan, yoga, dsb

2. Melakukan olahraga secara teratur
Pilihlah jenis olahraga yang ringan seperti jogging dan aerobic low impact. Olahraga ini sebaiknya dilakukan secara teratur, terutama saat mendekati masa menstruasi Anda. Olahraga yang dilakukan secara teratur dapat membantu melancarkan aliran darah otot sekitar rahim sehingga dapat meredakan nyeri.

3. Siap sedia obat pereda nyeri
Pengobatan yang sering dipakai untuk nyeri menstruasi adalah obat pereda nyeri golongan NSAID, yaitu: ibuprofen, asetaminofen, asam mefenamat, dsb. Obat-obatan ini seringkali lebih efektif jika diminum 2 hari sebelum hingga 2 hari pertama masa menstruasi.

4. Cukupi kebutuhan nutrisi Anda
Saat menstruasi, beberapa nutrisi penting ikut terbuang bersama darah menstruasi. Tidak ada pantangan khusus yang harus dijalani selama menstruasi. Yang terpenting Anda harus memenuhi nutrisi yang diperlukan. Konsumsilah susu berkalsium tinggi, dan perbanyak asupan zat besi pada saat menstruasi berlangsung. Jika perlu, konsumsilah suplemen vitamin B6 (100 mg/hari) dan Magnesium (400 mg/hari) selama siklus menstruasi untuk menstimulasi produksi hormon dan relaksasi.

Berikut adalah beberapa artikel yang dapat Anda akses untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai sindroma pra-menstruasi:

Topik Kesehatan: Sindroma pra-menstruasi

Indeks Penyakit: Sindroma Premenstruasi (PMS)

Tips Hidup Sehat: Tips Mengatasi Keluhan Menstruasi

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)
Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar