Sukses

Posisi Terbaik Untuk Tidur Saat Hamil

19 Oct 2014, 23:33 WIB
Wanita, 23 tahun.
Halo dok,terimakasih udah menjawab pertanyaan2 saya, Dok,posisi tidur buat ibu hamil bagus nya seperti apa dok,miring kekiri atau kekanan ? Dan kenapa ibu hamil tidak dibolehkan tidur menelentang dok ? Terimakasih dok,
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Ibu hamil sebenarnya dapat tidur dan beristirahat dengan berbagai posisi yang dirasa nyaman. Dan sampai saat ini belum ada penelitian lebih lanjut mengenai posisi tidur yang terbaik untuk ibu hamil. Namun posisi tidur ibu yang miring ke kiri dipercaya dapat memberikan keuntungan bagi bayi untuk mendapatkan aliran darah dan nutrisi yang maksimal ke plasenta karena adanya pembuluh darah balik besar (vena cava inferior) di bagian belakang sebelah kanan tulang belakang. Pembuluh darah ini bermanfaat mengembalikan darah dari tubuh bagian bawah ke jantung, juga membantu ginjal membuang sisa metabolisme ibu sehingga dapat mengurangi pembengkakan pada kaki dan tangan ibu hamil.

Namun memang sebaiknya Anda selingi dengan posisi tidur miring ke kanan untuk menghindari gangguan otot. Sebagai tambahan, Anda dapat meletakkan bantal di punggung dan di antara lutut agar Anda merasa lebih nyaman.

Perputaran posisi janin

Di dalam rahim, janin mengapung dalam cairan ketuban serta memiliki banyak ruang untuk bergerak bebas dan berputar-putar. Perubahan posisi janin sebenarnya disebabkan oleh pergerakan janin itu sendiri, oleh sebab itu perputaran umumnya terjadi pada usia kehamilan trimester kedua dimana janin bergerak lebih aktif. Tidak ada aturan tertentu mengenai arah perputarannya, bergantung pada arah pergerakan janin. Sebagai tambahan, cairan ketuban akan diproduksi terus-menerus dan mencapai jumlah terbanyak pada usia kehamilan 33-34 minggu, sehingga kelainan posisi janin masih dapat diperbaiki pada waktu-waktu tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (AK)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

 

 

 

0 Komentar

Belum ada komentar