Sukses

Kotoran Telinga & Robeknya Gendang Telinga

19 Oct 2014, 14:00 WIB
Pria, 21 tahun.
Dok mau tanya. Telinga kiri saya pendengaran sangat kurang.. bisa dibilang budeg. Itu kenapa ya dok..? Saya sudah pernah periksa ke dokter tht.. dr sana pernah diambil kotoran kering.. tapi masih kerasa kurang pendengaran.. katanya gendang telinganya rusak.. dan harus di operasi. Tapi saya g berani buru buru.. Tapi meskipun sudah berasa bersih telinga saya.. sering sekali telinga kiri saya itu kotor meskipun sudah saya bersihkan. Dan kotorannya itu berupa cairan warna kuning kehijauan atau orange kecoklatan.. bisa berupa juga lengket orange kecoklatan.. Apa memang itu karena kerusakan gendang telinga ataubagaimana?? Soalny kotoran itu selalu saja ada.. Dan apakah harus dioperasi?? Dan kalo di operasi,, apa telinga saya itu harus dibedah kemudian di jahit lagi seperti operasi bagian tubuh lainnya yg pernah dokter rumah sakit lakukan?

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan.

Kotoran telinga normalnya dapat keluar dari telinga secara alami. Tapi seringkali Anda merasakan adanya sumbatan pada telinga atau mengalami gangguan pendengaran. Hal itu mungkin saja disebabkan oleh kotoran telinga atau serumen, yang mengeras dan menyumbat telinga Anda. Gangguan ini dalam dunia medis disebut juga dengan serumen prop. Kotoran telinga merupakan produk yang dihasilkan oleh kelenjar di liang telinga yang akan melapisi kulit liang telinga serta melindungi telinga dari kerusakan dan infeksi.

Karena sifatnya yang kental dan lengket, maka serumen mampu menangkap debu dan bakteri serta mencegahnya masuk ke bagian telinga yang lebih dalam. Pada anak-anak dan orang dewasa yang memproduksi kotoran telinga berlebih memiliki kecenderungan untuk mengalami sumbatan telinga karena adanya penumpukan kotoran telinga. Kotoran telingan yang terjadi pada Anda tidak berhubungan dengan kerusakan gendang telinga Anda. 

Gendang telinga yang terluka (sobek) dikenal dengan istilah ruptura membran timpani. Semakin besar robekannya maka akan semakin sulit untuk menanganinya. Membran timpani atau gendang telinga yang rusak dapat diperbaiki melalui suatu operasi bedah yang disebut dengan timpanoplasti. Timpanoplasti adalah prosedur pembedahan yang dirancang untuk dapat menutup robeknya membrane timpani (gendang telinga). 

Tergantung dari kerusakan yang dialami serta waktu mengalaminya. Operasi perbaikan gendang telinga ini biasanya berlangsung antara 30-60 menit jika tidak ada kesulitan yang berarti, dapat dilakukan bius umum ataupun lokal, dan angka keberhasilannya mencapai 85-90%.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)
Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar