Sukses

Ibu dan Anak Sering Sariawan

22 Aug 2014, 16:34 WIB
Pria, 21 tahun.
dok mau tanya nih, kenapa sih saya dan ibu saya selalu aja sariawan dan ga ada henti nya, belum sembuh udah ada lagi sariawan yg baru, itu bertahun tahun, padahal sikat gigi rajin, minum juga cukup, mandi juga sampai 3x sehari, gigi berlubang juga udah saya cabut, tapi tetep aja selalu sariawan dan ga ada henti nya, mohon jawaban nya dok, makasih sebelum nya.
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Saya turut prihatin atas kondisi yang Anda alami. Stomatitis Aftousa Rekuren (SAR) atau yang dikenal juga dengan sariawan belum diketahui dengan pasti penyebabnya, tetapi terdapat beberapa faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan yaitu stress, perubahan hormonal, infeksi virus dan bakteri, sensitifitas terhadap makanan, pemakaian obat-obatan tertentu, trauma lokal dalam mulut, faktor genetik dan defisiensi hematinik. Sariawan biasanya akan sembuh dengan sendirinya dalam waktu 10-14 hari.

Hal yang utama dalam pengobatan sariawan adalah mencari faktor-faktor yang berperan terhadap timbulnya sariawan  tersebut dalam mulut dan kemudian dikoreksi serta diperbaiki sehingga dapat menurunkan tingkat keparahan penyakit ini. Dan yang perlu diperhatikan adalah mencegah terjadinya infeksi sekunder yaitu dengan menjaga kebersihan rongga mulut  dengan menyikat gigi, membersihkan karang gigi  dan merawat gigi-gigi yang berlubang serta konsumsi makanan yang  mengandung vitamin dan mineral. Penggunaan obat kumur yang mengandung alkohol secara berlebihan tidak baik terhadap kondisi jaringan mulut Anda.

Berdasarkan paparan yang Anda berikan dimana ibu Anda dan Anda sering mengalai sariwan maka mungkin saja ini berkaitan dengan faktor genetik tapi untuk memastkannya diperlukan pemeriksaan secara langsung dan juga tanyajawab\anamnesa yang mendalam dari dokter gigi. Mengingat luka dalam rongga mulut yang gambarannya seperti sariawan dapat berindikasi beberapa penyakit maka ada baiknya Anda berkonsultasi dengan dokter gigi atau dokter gigi spesialis Oral medicine (SpOM) agar dapat dipastikan diagnosa dan penyebabnya.

Berikut artikel yang dapat Anda baca

Stomatitis Aphtous Reccurent/SAR (Sariawan)

Madu untuk Sariawan

Sariawan, Kurang Vitamin C?

 Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, semooga bermanfaat.

Salam,

drg. Arni Maharani

0 Komentar

Belum ada komentar