Sukses

Kaki & Tangan Sulit Gerak

16 Oct 2014, 20:10 WIB
Pria, 29 tahun.
Selamat pagi Dok Bapak saya tiba-tiba tangan kiri dan kaki kiri sulit digerakan. Setelah sekitar 6 jam saya bawa ke rumah sakit, saat di UGD, Bapak saya masih bisa mengangkat tangan kirinya. saya dengar dari suster, nilai kekuatanya yang kiri 4. tangan kiri masih bisa menggengam. setelah di cek tensi darah Bapak saya sampai 190/110. Namun setelah dirawat inap, Tangan kiri Bapak saya tidak bisa digerakan sama sekali, padahal sebelumnya bisa. Setelah di CT scan, tidak ada pendarahan. Kata dokter yang bersangkutan, di otak bapak saya tidak ada masalah. untuk informasi, Bapak saya punya diabetes dan kemarin asam uratnya juga lumayan tinggi. Mohon bantuannya, apakah Bapak saya bisa pulih seperti semula? kenapa tangan kiri dan kaki kiri bapak saya susah bergerak? data bapak saya Umur 59 tahun tinggi 160 cm Berat 60 kg Demikian hal ini saya sampaikan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih. Anto

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Jika keluhan yang terjadi pada ayah Anda tidak menunjukkan gangguan di otak, kemungkinan keluhan kaki dan tangan sulit digerakkan dapat terjadi karena beberapa hal, diantaranya adalah :

  1. Gangguan aliran darah atau kurang lancarnya aliran darah

  2. Kurangnya asupan kalsium dan potassium. Kalsium berperan untuk kontraksi otot sedangkan potassium atau kalium berperan di dalam relaksasi otot. Apabila kekurangan 2 jenis elektrolit ini maka proses kontraksi-relaksasi otot tidak akan berjalan lancar.

  3. Kelelahan dan dehidrasi (kekurangan cairan)

  4. Pada penderita penyakit kronik seperti diabetes melitus

Kaluhan pada ayah Anda bisa disebabkan diabetes yang dialami oleh ayah Anda. Saat ini berapa kadar gula darah Anda dan asam urat ayah Anda? Untuk menghindari gangguan pada anggota gerak, ayah Anda dapat mencoba untuk olahraga teratur untuk melancarkan aliran darah di kakia, lakukan peregangan otot sebelum berolahraga, jangan terlalu lama berdiri atau usahakan selalu melakukan aktivitas (berjalan atau menggerakkan kaki) setelah berdiri atau duduk lama, dan konsumsi makanan yang mengandung kalsium dan potassium (susu dan pisang). Jika dengan cara-cara tersebut, kram tetap berlangsung, maka segera periksakan diri kepada dokter dan bila perlu dilakukan pemeriksaa laboratorium darah untuk memantau kadar gula darah dan asam urat ayah Anda.

Kami lampirkan beberapa artikel untuk menambah wawasan Anda:

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar