Sukses

Kejang Jika Kecapean

19 Oct 2014, 22:45 WIB
Wanita, 20 tahun.
Dok, saya punya adik dia Autis umurnya sudah 17 tahun. Alhamdulillah Autisnya sudah mulai pulih, namun 3-4 tahun belakangan dia kalau kecapean sekolah, atau terlalu berlebihan mikir pelajarannya dia sering tak sadarkan diri dan ketika ia tak sadarkan diri dia bertingkah seperti orang terkena ayan, saya mau tau itu penyakit apa ?? apakah normal bagi adik saya dok ?? saya juga mau tanya radang otak itu apa sih dok ?? apakah kalau pusing yang teramat sangat sakit sampai ingin menghantukkan kepala ke dinding bisa disebut salah satu gejalanya ?? makasiihh

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Merujuk dari keluhan Anda, jika adik Anda mengalami kejang, kemungkinan gejala yang adik Anda rasakan merupakan bagian dari gejala epilepsi. Manifestasi kejang, dapat dikelompokkan menjadi empat. Yakni, motorik, sensorik, otonom, dan psikis. Yang biasa dianggap kejang oleh masyarakat awam adalah manifestasi motorik. Kami sarankan Anda melakukan konsultasi kembali dengan dokter spesialis saraf untuk dilakukan pemeriksaan kembali lebih lanjut. 

Epilepsi adalah sebuah gangguan saraf kronik yang ditandai oleh kejadian kejang berulang akibat gangguan aktivitas listrik di otak. Kondisi yang Anda alami bisa jadi merupakan sebuah serangan minor.

Setiap kondisi yang menyebabkan gangguan pola normal aktivitas saraf dapat menyebabkan kejang. Epilepsi dapat timbul dari perkembangan sel saraf yang tidak normal, ketidakseimbangan senyawa kimia dalam otak, atau kombinasi keduanya. Namun tidak semua kejang dapat dikatakan sebagai epilepsi. Diagnosis epilepsi baru ditegakkan setelah dilakukan wawancara medis lengkap dan pemeriksaan EEG.

Terdapat beberapa jenis radang otak (meningitis, ensefalitis, abses otak, meningoensefalitis) dengan berbagai penyebab. Gejala nya antara lain kejang, nyeri kepala hebat, muntah, demam, leher kaku. Apakah adik Anda mengalami hal tersebut?

Seperti yang telah kami sampaikan diatas, kami menyarankan adik Anda untuk melakukan konsultasi dengan dokter spesialis saraf agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh, sehingga diagnosa penyakitt adik Anda dapat ditegakkan.

Demikian penjelasan kami. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,


Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar