Sukses

Batuk dan Pilek Disertai Bunyi 'Grok'

19 Oct 2014, 10:48 WIB
Wanita, 25 tahun.
Pagi dok. Saya punya ank 1. Putri saya skrg berumur 6 bulan. Ank mudah sekali sakit batuk pilek. Yg saya herankn pileknya tidak perna meler atau kluar dari hidup. Hanya grok2 dhitung. Jangka waktu sakit slalu sminggu. Tpi saya memang punya riwayat asma Dok. Bagaimn y dok mengatasi batuk pilek ank saya? Dan agar tidak brkelanjutn?
dr. Adithia Kwee

Dijawab Oleh:

dr. Adithia Kwee

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Namun wering flu atau pilek yang berkepanjangan dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah alergi. Alergi dapat disebabkan oleh banyak hal, dimana untuk mengetahuinya diperlukan pemeriksaan khusus atau prick test pada kulit. Apakah sering flu ada hubungan dengan operasi THT yang Anda lakukan,hal ini perlu diperiksa lebih lanjut. Selain itu, jenis operasi apa yang Anda jalani? Dalam kesempatan ini kami akan menjelaskan salah satu penyebab mudah flu yaitu rhinitis alergi.
 
Pada pilek akibat alergi (rhinitis alergi), pilek terutama dipicu oleh hal-hal yang membuat kita alergi. Terapi yang dapat dilakukan antara lain :
 
Dengan menghindari kontak dengan allergen penyebab, dalam kasus anda berarti udara dingin di pagi hari dan debu sebagai pencetus terjadinya alergi. Anda dapat menggunakan baju hangat ketika tidur, jangan menggunakan kipas angin/AC, memakai selimut untuk tidur, hindari paparan debu.
 
 
Flu atau Pilek baru muncul 1-3 hari setelah terserang virus influenza. Gejala pada umumnya adalah pasien bersin dan hidung meler. Lendir yang keluar dari hidung berwarna putih dan bisa berubah menjadi kuning kental. Biasanya, gejala tersebut disertai demam dan rasa sakit di seluruh tubuh. Penyembuhannya hanya istirahat dan meningkatkan imunitas tubuh. Konsumsi obat hanya dilakukan kalau sangat diperlukan. Cukuplah istirahat, konsumsi vitamin, tetap konsumsi asupan makanan dengan gizi yang seimbang, banyak minum dan mengonsumsi buah dan sayuran. Pilek dapat diatasi dengan menghirup dan mengoleskan minyak kayu putih pada hidung.

Pengobatan, dengan menggunakan obat anti alergi golongan antihistamin H-1, yaitu obat yang sering dipakai sebagai lini pertama dalam pengobatan rhinitis alergi atau dengan kombinasi dekongestan oral. Obat golongan kortikosteroid dipilih jika tidak berhasil diatasi oleh obat lain.

 
Kemungkinan lain yang dapat terjadi adalah influenza, influenza sangat menular dan menyebabkan setiap anggota keluarga Anda mudah terjangkit keluhan yang sama. Untuk pertolongan pertama kami menganjurkan Anda untuk mengonsumsi vitamin, dan beristirahat. Namun kami sarankan anda untuk memeriksakan diri ke dokter agar dapat dipastikan  apakah benar anda mengalami rinitis alergi, atau kemungkinan lain semacam flu sehingga Anda mendapatkan terapi yang sesuai.
 
Kami lampirkan beberapa artikel untuk Anda baca:

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AK)

Salam,

 

 

 

 

 

Tim Redaksi Klikdokter 

0 Komentar

Belum ada komentar