Sukses

Kutil di Kelamin

19 Oct 2014, 16:45 WIB
Wanita, 20 tahun.
Dok 2 bulan yg lalu saya melihat ada yg aneh disekitar kelamin saya. Saya tau ternyata itu kutil, tidak segera saya tangani saya hanya lebih menjaga kesehatan daerah itu saja. Kemaren saya merasakan kutinya mengecil tp setelah 2 hari ternyata ada yang baru mau tumbuh lagi dok sedangkan yg kmren saja belom hilang. Itu bahaya ga dok jika terus didiamkan? Akibat terparahnya bagaimana? Dan kenapa bisa ada kutil didaerah sana. Makasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda, 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Kutil pada kelamin (kondiloma akuminata), merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi Human Papilloma Virus (HPV). Pada sebagian kasus, kutil kelamin ini dapat menghilang dengan sendirinya tanpa pengobatan, namun dapat juga terus tumbuh dan membesar. Kadang kutil ini juga dikenal dengan istilah jengger ayam. 

Kutil pada kelamin dapat diobati dengan beberapa pilihan pengobatan, antara lain dengan mengoleskan bahan bernama podifilin pada kutil tersebut untuk kemudian dibilas, asam trikloroasetat, atau dengan cryosurgery, dengan laser,  atau dengan operasi kecil untuk mengangkat jengger ayam yang berukuran lebih besar. Dengan penanganan yang tepat maka kondiloma akuminata dapat disembuhkan, meskipun sering kambuh. Efektivitas penanganan sangat bergantung pada ukuran dan juga metode penanganan. 

Namun untuk dapat menegakkan diagnosa keluhan Anda, diperlukan pemeriksaan fisik secara langsung untuk dapat melihat Ujud Kelainan Kulit (UKK). Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar