Sukses

Pemeriksaan VDRL & TPHA

20 Oct 2014, 03:49 WIB
Wanita, 25 tahun.
Selamat siang dok. Saya mau tanya, kemarin saya habis medical check up, hasil vdrl: reactive 1:4, TPHA: non reactive. Apakah saya terkena penyakit shyphilis? Kalo tidak, kenapa hasil tes vdrl positif? Kelainan autoimun itu yg bagaimana ya dok? 2hr sblm medical, saya jatuh sakit, demam dan sakit tenggorokan, saat saya minum imboost untuk memperbaiki imun, timbul reaksi alergi, bercak2 merah dbwh kulit dan terasa gatal. Apakah itu berpengaruh pada hasil vdrl yg positif? Maaf, pertanyaannya panjang. Mohon jawabannya, terima kasih sebelumnya.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti rasa khawatir yang Anda rasakan terkait keluhan ini. Pertama izinkan kami menjelaskan tentang pemeriksaan VDRL dan TPHA.

VDRL dan TPHA adalah suatu pemeriksaan untuk mengetahui infeksi Treponema pallidum , memang Treponema pallidum adalah penyebab dari penyakit Sifilis , tapi berdasarkan penelitian VDRL positif , dapat disertai dengan biologi false positif atau benar-benar positif dengan titer rendah. biologi false positif dapat dibagi menjadi 2 yatu :

  • Akut : dapat disebabkan infeksi virus , bakteri , imunisasi , parasit malaria
  • Kronik : dapat disebabkan oleh SLE , penyakit kardiovaskular , gangguan autoimun dan paling sering (70%) ditemukan pada wanita .

Apabila keadaan VDRL positif dan TPHA negatif, kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan kembali 10 minggu kemudian, jika hasil masih tetap maka dianjurkan dengan pemeriksaan yang lebih spesifik yaitu FTA-ABS, FTA-ABS (Fluoresence Treponemal Antibody-Absorption) adalah tes treponema untuk mendeteksi sifilis, apabila hasil FTA-ABS negatif, maka kita dapat menyingkirkan positif palsu. Apabila FTA-ABS positif, maka hasilnya perlu ditegakkan dengan hasil pemeriksaan fisik sebelumnya.

Pemeriksaan ini dapat memberikan hasil negatif palsu (penyakitnya ada tetapi hasil test negatif) maupun positif palsu (penyakitnya tidak ada tetapi hasil test positif)

Hasil negatif palsu, antara lain disebabkan:
- Fase awal penyakit
- Jumlah antibodi yang terlalu sedikit
- Jumlah antibodi yang terlalu banyak
 
Hasil positif palsu, antara lain disebabkan:
- Infeksi/penyakit autoimun
- Kehamilan
- Immunisasi
- Perubahan karena bertambahnya usia

Kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter spesialis kulit dan kelamin. 

Demikian informasi yang dapatkan, semoga bermanfaat. (DNA)
Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

1 Komentar

  • Ehs******eck

    Selamat siang doktor, disini saya ingin bertanya, saya sudah menjalani pemeriksaan VDRL dan hasil keputusan tersebut ialah tdk dapat dikesan, namun hasil daripada TPPA keputusannya adalah positif, apakah maksud dari hasil keputusan tersebut? Mohon penjelasan yg lebih terperinci...