Sukses

Kadar Hb Rendah

19 Oct 2014, 23:19 WIB
Wanita, 30 tahun.
Dokter saya mau tanya kenapa HB darah saya selalu rendah ya? Padahal saya rajin mengkonsumsi sayur, multivitamin penambah darah, vitamin B kompleks, vitamin E tapi setiap test darah HB saya selalu dibawah normal.. Kira2 apa ya dok penyebabnya. Beberapa tahun lalu saya pernah terkena gejala hepatitis A tetapi sudah sembuh tapi nafsu makan saya kadang bagus kadang tidak ada nafsu makan berhari2 sehingga berat badan saya juga sulit bertambah.. Apakah ada yang salah dengan pencernaan saya dok? Terimakasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Berapa kadar Hb anda?dan sudah berapa lama hal tersebut berlangsung?kadar Hb dibawah nilai normal tentu harus dicari penyebabnya.

Jumlah Hemoglobin (Hb) menandakan konsentrasi protein hemoglobin yang membawa oksigen di dalam darah. Hb sendiri adalah komponen utama dari sel darah merah.

Hemoglobin yang rendah dalam dunia medis disebut dengan anemia seringkali dihubungkan dengan beberapa penyakit dan kondisi yang menyebabkan tubuh memiliki terlalu sedikit sel darah merah, misal: thalassemia. Anemia dapat terjadi jika tubuh menghasilkan sel darah merah yang lebih sedikit dibandingkan biasanya, misal: kekurangan asupan Fe (besi, bahan pembentuk hemoglobin); jika tubuh menghancurkan sel darah merah lebih cepat daripada sel darah dapat diproduksi (misal: Malaria) atau jika Anda mengalami kehilangan darah seperti misalnya pada kecelakaan, menstruasi, penyakit demam berdarah, ataupun muntah darah. Menstruasi bisa mempengaruhi Hb akan tetapi biasanya tidak terlalu signifikan.Bagaimana dengan menstruasi Anda selama ini?

Saat ini, yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengkonsultasikan segera keluhan Anda tersebut kepada dokter spesialis penyakit dalam dan kemungkinan Anda akan diminta untuk melakukan pemeriksaan darah yang lebih seksama yang disebut apusan darah tepi. Pemeriksaan tersebut bertujuan untuk melihat adanya kelainan pada sel-sel darah.Dari situ dapat ditentukan apa langkah selanjutnya untuk menangani kurangnya kadar Hb pada diri Anda.

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat.(DNA)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar