Sukses

Demam Tifoid Atau Hamil?

21 Aug 2014, 14:19 WIB
Wanita, 25 tahun.
Asalamualaikum dok, dok saya mw tanya.... perut kiri saya bermasalah terkadang yg atas jg nyeri tp saya gak mual cm demam dan pesendian belakang terasa sakit sampai saya tdk bs bergerak.... kemaren sempat ke dokter dan ktnya saya difonis gejala types. Dan disalah satu obat,ada obat maag nya dok.... tp kok aneh ya dok,tmn2 saya beranggapan saya hamil.sebenarnya saya ini kenapa dok? Apa bnr saya types?

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan.

Penyakit tifus (demam tifoid) adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella sp. Bakteri ini masuk menginfeksi saluran pencernaan melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi, untuk kemudian masuk ke dalam peredaran darah. Penyakit ini dapat disembuhkan dengan pemberian Antibiotik selama 7 - 14 hari. Gejalanya bisa berupa demam, sakit kepala, nyeri sendi, sakit tenggorokan, sembelit, penurunan nafsu makan dan nyeri perut.  Kadang penderita merasakan nyeri ketika berkemih dan terjadi batuk serta perdarahan dari hidung.

Dalam menentukan diagnosa demam typhoid diperlukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan darah widal test atau dengan pemeriksaan tubex. Tubex merupakan pemeriksaan antigen untuk kuman Typhoid. Bagaimana dengan Anda? apakah sudah dilakukan pemeriksaan darah?

Mengenai pertanyaan Anda, apakah hamil? apakah Anda mengalami telat menstruasi?

Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), test pack dapat Anda ulang minggu depan atau 2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang. Bila memang negatif, berarti kemungkinan besar tidak ada kehamilan. Kami tidak dapat menentukan diagnosa suatu penyakit tanpa adanya pemeriksaan fisik secara langsung. Oleh karena itu kami sarankan Anda melakukan konsultasi dengan dokter secara langsung.

Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti.

Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain:

  •  sering berkemih
  •  pembesaran dan nyeri payudara
  •  mual
  •  perasaan lelah
  •  daerah sekitar puting susu menghitam
  •  peningkatan suhu tubuh
  •  flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

  •  terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan
  •  terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi
  •  terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (DNA)

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar