Sukses

Bercak Coklat di Tubuh

17 Oct 2014, 02:58 WIB
Pria, 24 tahun.
dok ,ini soal bintik coklat di leher yg smakin lama tmbah banyak ,yg pak dokter bilang hiperpigmentasi ,oh iya gejala ini baru sthun ini dan sama skali tdak sakit / gatal ..apa bisa pengaruh faktor ktrunan dok ??karena saya lihat ayah n nenek sy juga sama ,soal pengobatan apa dengan minum obat saja ??trima kasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Penyebab bercak hitam atau coklat di kulit selain hiperpigmentasi pasca infeksi bisa disebabkan berbagai macam penyebab, antara lain: nevus pigmentosus, urtikaria pigmentosa. Namun untuk mendiagnosa penyakit kulit dibutuhkan pemeriksaan fisik secara langsung agar dapat dilihat ujud kelainan kulit tersebut. Penanganan nya berbeda-beda tergantung dari penyebabnya.

Sekilas izinkan kami menjelaskan Urtikaria pigmentosa. Urticaria pigmentosa (UP) merupakan bentuk paling umum terkait dengan kelebihan sel mast dalam kulit . Sel mast secara normal terdistribusi dalam kulit, mengandung granul dan bahan kimia (hisatamin) yang dapat menimbulkan reaksi alergi bila tercetus. Kelebihan sel mast inilah yang menyebabkan terbentuknya lesi / luka pada kulit penderita UP yang teriritasi. Ruam terdiri dari bintik cokelat kemerahan yang berubah menjadi luka ketika mereka menggaruk terlalu keras atau tergores

Pada bayi, UP dapat timbul pada kulit kepala, wajah, batang tubuh, kaki dan seringkali dikacaukan oleh gigitan serangga - seperti pada kasus anak anda. Pada anak yang lebih besar, dapat terbentuk gelembung dari bercak yang digaruk. Selama beberapa waktu ke depan, secara perlahan sensitivitas UP menurun dan bercak akan menghilang sama sekali pada saat anak menginjak usia remaja. Jadi kemungkinan keluhan ini terjadi pada ayah Anda sangat kecil kemungkinannya. 

Sedangkan Nevus melanositik oleh orang awam dikenal sebagai istilah “tahi lalat” atau andeng-andeng (nevus pigmentosus). Nevus adalah tumor yang paling sering dijumpai pada manusia, merupakan tumor yang berasal dari sel-sel melanosit. Nevus umumnya muncul saat lahir atau segera setelah lahir, terbanyak pada dewasa muda, dan menurun pada orang tua.

Pada dasarnya nevus tidak memberikan gejala apa-apa jika memang nevus itu jinak. Namun kita perlu mengenal tanda-tandanya jika nevus itu ganas antara lain :

  1. Ulserasi (luka) dan perdarahan spontan
  2. Membesar cepat dan warna lebih gelap
  3. Pigmen menyebar dari ke kulit sekitarnya
  4. Di sekitarnya terdapat lesi-lesi yang lebih kecil mengelilinginya
  5. Inflamasi atau peradangan tanpa didahului trauma (benturan)
  6. Nyeri dan gatal

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNA)
Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar