Sukses

Seputar Pembesaran Prostat

20 Oct 2014, 07:28 WIB
Pria, 30 tahun.
Saya mau tanya dok, salah satu telur diantara 2 telur (prostat) saya bagian kiri yang belakang mengalami pembesaran, dan itu kadang-kadang terasa nyeri, terkadang juga sebelum buang air kecil jika ditahan juga akan terasa nyeri, itu terjadi sejak saya persisnya masih duduk dibangku kelas 2-3 SMA, karena kebiasaan saya yang sulit untuk menahan nafsu dan kesulitan menahan diri untuk tidak melakukan onani, kebiasaan onani ini ketika saya masih menginjak di kelas 3 SMP, sejak saya kena penyakit prostat ini ketika masih dibangku SMA saya enggan untuk periksa karena merasa malu dok dengen orang tua saya kenapa bisa seperti ini, sejak saya mengidap penyakit prostat ini kebiasaan onanipun sedikit demi sedikit mulai saya tinggalkan, meskipun tidak bisa sekaligus namun jarak untuk melakukan onani saya perpanjang dari 1 minggu skali menjadi sebulan sekali kemudian 3 bulan sekali, lalu 6 bulan sekali dan seterusnya sekarang usia saya sudah 30 tahun dan sudah terbebas tidak melakukan onani lagi, namun rasa kecemasan akan penyakit prostat di kelamin tetap ada, apakah sudah terlambat untuk saya jika ingin sembuh dok? Memgingat penyakit prostat saya ini sudah bertahun tahun sejak SMA, Saya enggan untuk menikah, karena penyakit prostat dikelamin saya, meskipun dari pihak keluarga sudah mendorong saya untuk menikah karena faktor usia saya yang sudah mencapai 30 tahun. Pertanyaan saya itu penyakit prostat jenis apa dok? Apakah itu yg disebut kanker prostat ringan ataukah hanya pembesaran prostat saja? Bagaimana solusinya jika saya memang terkena pembesaran prostat? Adakah referensi obat yang dijual diapotik yang bisa untuk mengobati penyakit prostat saya tersebut? Terima kasih. Salam,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Prostat adalah kelenjar pada pria yang terletak mengelilingi leher dari kandung kemih bagian bawah dan di uretra (saluran kemih). Fungsi dari prostat adalah memproduksi cairan prostat yang merupakan cairan utama dari semen ketika pria ejakulasi. Ada 3 kondisi yang dapat terjadi pada prostat yaitu :

   1. Pembesaran prostat (BPH)
   2. Prostatitis (peradangan pada kelenjar prostat)
   3. Kanker prostat

Gangguan prostat ditandai dengan gejala obstruktif dan iritatif. Gejala obstruktif meliputi stream (gangguan pancaran aliran kencing), voiding (perlu mengedan ketika kencing), hesitency (jika sudah ingin merasa kencing, air kencing tidak dapat segera keluar), intermitency (air kencing terputus-putus), bladder emptying (tidak lampias), inkontinence (mengompol). Gejala iritatif ditandai dengan urgency ( tidak dapat menahan kencing), nocturia (jumlah kencing di malam hari meningkat), diuria (jumlah kencing di siang hari meningkat).

BPH (Benign Prostat Hiperplasia) merupakan pembesaran kelenjar prostat yang bersifat jinak, yang hanya timbul pada laki-laki yang biasanya pada usia pertengahan atau lanjut. Pada usia 40an, seorang pria mempunyai kemungkinan terkena BPH sebesar 25%. Menginjak usia 60-70 tahun, kemungkinannya menjadi 50%. Dan pada usia diatas 70 tahun, akan menjadi 90%. Benjolan Pada prostat hanya dapat dirasakan dengan Rectal Touche (Colok Dubur), atau dengan pemeriksaan USG.

Hubungan antara seringnya tindakan onani atau masturbasi dengan kanker prostat memang dalam pro kontra. Hingga kini, banyak sekali penelitian-penelitian yang berusaha mencari kaitan antara keduanya dengan pembahasan dan hasil yang berbeda-beda.Sehingga masing-masing penelitian memiliki alasan yang kuat terhadap hasil yang mereka dapatkan. Namun, yang perlu diketahui adalah hingga kini penyebab dari kanker prostat sendiri belum diketahui dan banyak sekali faktor risiko yang terlibat di dalamnya. 

Kami sarankan sebaiknya periksakan keluhan Anda kepada dokter Spesialis Urologi agar dapat dievaluasi lebih lanjut mengenai keluhan yang Anda alami agar dapat segera diambil tindakan terhadap penyebabnya. Anda tidak perlu takut untuk menikah karena hal yang dialami Anda. Semakin cepat Anda berobat semakin cepat pula dapat ditangani. 

Berikut kami sertakan artikel mengenai Pembesaran Prostat:

PEMBESARAN PROSTAT

Risiko Kanker Prostat pada Pria.

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat. (AAS)

Salam

Tim Redaksi Klikdokter


 

0 Komentar

Belum ada komentar