Sukses

Ambien

20 Oct 2014, 08:00 WIB
Pria, 29 tahun.
Sudah seminggu terakhir ini sy menderita ambeien. Awalnya secara tiba-tiba muncul. Ciri2nya saat ini ada 1 benjolan di sekitar anus dan mulai mengeluarkan darah. Darah yang keluar bukan saat BAB, namun saat beraktifitas seperti biasa. Tidak ada rasa nyeri (hanya saat disentuh saja baru terasa), dan tidak gatal. Kemarin sdh konsultasi dokter dan diberikan obat minum Ardium HD dan obat yg dimasukkan ke anus namanya takeda. Pertanyaan saya: 1. Apa ciri2 ambeien saya sdh tergolong berbahaya? 2. Apa yang harus dilakukan utk menghilangkan benjolan dan agar pendarahan berhenti? 3. Apa obat yang diberikan sdh cocok? 4. Biasanya brp lama benjolan dan pendarahannya dapat berhenti setelah diobati? Terima kasih

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran Anda. Sesering apakah wasir/ambeyen anda muncul? Apakah daging yang keluar bisa masuk sendiri atau harus dimasukan dengan menggunakan jari tangan?

Hemorrhoid merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Di Amerika, 50% populasi usia 50an menderita wasir. Dan diperkirakan sekitar 50-85% populasi dunia akan mengalami gejala wasir pada periode tertentu dalam hidupnya.

Hemorrhoid dibagi menjadi 2 tipe :

  • Hemorrhoid eksterna: wasir dapat terlihat dari luar tanpa menggunakan alat apa-apa. Biasanya menimbulkan keluhan nyeri. Dapat terjadi pembengkakan dan iritasi. Jika terjadi iritasi, gejala yang muncul berupa gatal. Wasir jenis ini rentan terhadap trombosis (penggumpalan darah). Jika pembuluh darah vena pecah yang mengalami kelainan pecah, maka penggumpalan darah akan terjadi sehingga akan menimbulkan keluhan nyeri yang lebih hebat.
  • Hemorrhoid interna: wasir yang muncul didalam rektum., biasanya tidak nyeri. Perdarahan dapat timbul jika mengalami iritasi. Perdarahan yang terjadi bersifat menetes. 

Hemorrhoid interna dapat dikelompokkan menjadi :

  • Grade I       : wasir tidak keluar dari rektum
  • Grade II      : wasir keluar dari rektum saat mengedan, namun dapat masuk kembali secara spontan
  • Grade III   : wasir keluar saat mengedan, namun tidak dapat masuk kembali secara spontan, harus didorong kembali dengan tangan
  • Grade IV   : wasir keluar dari rektum namun tidak dapat dimasukkan kembali

Wasir derajat 1 atau 2 tidak membutuhkan operasi. Coba konsumsi makanan yang tinggi serat agar buang air besar lebih lancar, hindari mengangkat beban berat, dan perbanyak minum air putih. Penggunaan obat anti-hemorrhoid yang dimasukan lewat dubur bermanfaat untuk mengurangi gejala.

Jika wasir yang anda masuk derajat 3 atau 4 dan sangat mengganggu, maka anda membutuhkan tindakan pembedahan/operasi. Silahkan konsultasikan masalah Anda kepada dokter spesialis bedah untuk menentukan tindakan selanjutnya. 

Berikut kami lampirkan artikel mengenai wasir.

Wasir

Tujuh Cara Sehat Cegah Wasir

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar