Sukses

KB Suntik Saat Menyusui

19 Oct 2014, 11:40 WIB
Wanita, 35 tahun.
Setelah melahirkan saya kb suntik 3 bln.sebulan kemudian saya haid selama seminggu tp setelah selesai 4 hr timbul flek seperti haid dan sdh sebulan ini blm brhenti fleknya.apakah itu tidak berbahaya dok.saya jg menyusui apakah tidak berpengaruh.trimakasih dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. KB hormonal (termasuk suntik KB 3 bulan) memang dapat menyebabkan gangguan dari menstruasi. Biasanya pada penggunaan awal (3 bulan pertama) dapat terjadi perdarahan yang tidak teratur, beberapa efek lain seperti  lapisan dari lendir rahim menjadi tipis sehingga haid sedikit, bercak atau tidak haid sama sekali, perdarahan tidak menentu pada beberapa bulan pertama.

Lama-kelamaan menstruasi bisa tidak dapat sama sekali. Hal ini sering dialami oleh wanita yang menggunakan kontrasepsi suntik KB 3 bulan. Umumnya bila menggunakan suntik KB 3 bulan maka pengembalian kesuburan dan menstruasi normal kembali setelah penghentian 5-7bulan. 

Bila Anda ingin memastikannya, dapat konsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan kandungan dan dilakukan pemeriksaan USG kandungan (jika diperlukan) untuk melihat apakah terdapat gangguan organ kandungan.

Jenis kontrasepsi apa yang Anda gunakan? Apakah kombinasi atau hanya progestin? Jika tidak ingin mengganggu produksi ASI, gunakanlah kontrasepsi yang hanya mengandung progestin. Anda dapat menanyakan kepada bidan/dokter yang memberikan KB mengenai kandungan pada KB tersebut.

Berikut ini adalah artikel mengenai jenis kontrasepsi yang boleh digunakan pada ibu hamil:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam, 

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar