Sukses

Haid Tidak Berhenti Selama 2 Bulan

18 Oct 2014, 14:31 WIB
Wanita, 19 tahun.
Selanat malam dok, saya sudah haid selama hampir dua bulan dok, saya juga sempat periksa USG ke dokter kandungan tetapi tidak ada kelainan pada rahim saya, bahkan dokter itu sudah memberikan saya obat penghenti darah tsb, tetapi setelah obat itu habispun darah haid saya belum hilang juga dok. Apakah ada kelainan pada rahim saya dok? Adakah obat untuk menghentikan darah haid ini dok? Jika ada nama obat itu apa? Situasi seperti ini benar-benar mengganggu aktfitas saya, terutama mengganggu saya dan suami saya dok. Terimakasih sebelumnya, mohon bantuan dan jawabannya

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, 2-8 hari adalah waktu keluarnya darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari. Jika terjadi perdarahan di luar waktu normal siklus haid disebut dengan metroragi.

Pada wanita usia muda, metroragi memang umumnya disebabkan oleh gangguan hormonal. Penyebab metroragi lainnya diantaranya adalah :

  • Dysfunctional uterine bleeding
  • Endometriosis, adenomyosis
  • Kehamilan ektopik
  • Hiperplasia endometrial
  • Polip
  • Penggunaan kontrasepsi
  • Kanker leher rahim
  • Pelvic inflammatory disease

Kemungkinan lainnya yang mungkin terjadi adalah siklus haid yang memendek karena perubahan aktivitas dan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh karena saat ini Anda sedang dalam kondisi kelelahan. Siklus yang kurang dari 21 hari disebut dengan polimenore dan dapat disebabkan karena gangguan keseimbangan hormon atau sindrom polikistik ovarium. 

Untuk mengetahui penyebabnya lebih lanjut, kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang dibutuhkan sehingga bisa mendapatkan penanganan yang optimal.

Jika Anda sudah melakukan pemeriksaan USG dan didapatkan hasil normal maka selanjutnya mungkin diperlukan pemeriksaan hormonal. Anda dapat mencari second opinion ke dokter spesialis obgyn yang lain jika memang Anda membutuhkannya.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DK)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar