Sukses

Permasalahan Kulit Wajah

20 Oct 2014, 07:09 WIB
Wanita, 35 tahun.
siang dok, dok saya mau tanya sekarang usia saya kan udah mau 35 tahun, saya bermasalah di wajah, wajah saya di bagian pipi kering tapi di bagian selain pipi berminyak jadi jenis kulit apa ya? itu yang pertama. yang kedua di pipi saya itu ada muncul warna flek agak coklat, kalau kata orang sunda kaya kokoloten, nah itu bissa di obati gak? kalau ada apa obatnya? terima kasih atas jawabannya?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih telah menghubungi layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Permasalahan pada kulit Anda berarti Anda memliki tipe kulit campur, yaitu kering pada beberapa bagian dan berminyak di bagian lain. Yang penting adalah pada daerah wajah yang kering gunakan pelembab, namun hanya pada daerah wajah yang kering.

Izinkan kami menjelaskan masalah yang kerap timbul pada kulit berminyak. Pada kulit berminyak biasanya jerawat mudah terjadi. Kulit berminyak mudah terindikasi dengan terlihatnya permukaan kulit yang cenderung mengkilap. Pada jenis kulit macam ini, banyak kasus timbulnya komedo dan jerawat. Hal ini dikarenakan banyaknya kandungan kalenjar minyak (sebum) yang sebetulnya berfungsi membantu mencegah kulit dari kekeringan. Namun akibat lingkungan yang penuh kotoran dan debu yang tidak terlihat, kulit berminyak cenderung lebih mudah ‘menangkap’ kotoran dan debu yang tidak terlihat tersebut dibandingkan jenis kulit kering. Sehingga, kulit berminyak cenderung lebih mudah timbul jerawat pada permukaan kulit.

Cara mengatasi kulit berminyak yaitu dengan mencuci muka dengan sabun khusus muka dan air yang mengalir. Cukup basuh wajah dengan air hangat terlebih dahulu untuk menghilangkan debu dan kotoran yang menempel, kemudian gunakan air dingin untuk mencuci wajah dengan sabun muka.

Perawatan wajah dengan benar membantu mengontrol jerawat dan mendukung pengobatan.

Bersihkan wajah dengan menggunakan sabun pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit wajah 2 kali sehari, terutama sebelum tidur. Jika kulit sedang dalam kondisi berjerawat maka sebaiknya menggunakan pembersih wajah untuk kulit berjerawat dan dengan kandungan pH yang sesuai dengan kondisi kulit.

Sebelum menjawab izinkan kami menjelaskan tentang flek hitam. Noda hitam di wajah atau biasa disebut sebagai hiperpigmentasi memang agak sulit hilang, terkadang dapat memakan waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Flek hitam di wajah dapat disebabkan oleh berbagai kondisi seperti terpapar sinat matahari, proses penuaan ataupun pengaruh hormonal. 

Mengatasi flek hitam yang timbul di wajah dapat diatasi dengan melakukan beberapa perawatan seperti krim hidrokuinon, chemical peeling atau mikrodermabrasi atau dengan menggunakan laser. Pemilihan cara perawatan biasanya berdasarkan berat ringan dan dalamnya flek.  

Oleh sebab itu, kami himbau Anda datang ke dokter spesialis Kulit atau Klinik kecantikan kulit yang disupervisi oleh Dokter yang terlatih, untuk mengetahui sebab yang pasti dan pengobatan yang sesuai untuk flek di wajah. Kami tidak menyarankan Anda untuk membeli atau menggunakan suatu produk yang bukan diresepkan oleh dokter dan tanpa berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. 

Saat ini, tindakan yang dapat Anda lakukan adalah mencegah agar flek tersebut tidak bertambah banyak, dengan cara menggunakan:

  1. Sunblock atau tabir surya. Aplikasikan pada wajah Anda setiap hari untuk membantu mencegah timbulnya bintik hitam akibat sinar matahari. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30.
  2. Mengkonsumsi vitamin C

Berikut adalah artikel yang dapat membantu menjelaskan pertanyaan Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (EA)

Salam, 

 

Tim Redaksi KlikDokter


 

0 Komentar

Belum ada komentar