Sukses

Tertular Bronkitis

17 Oct 2014, 18:25 WIB
Wanita, 21 tahun.
selamat siang dok... saya punya teman yang mengidap penyakit bronkitis dok, dan setahu saya bronkitis adalah penyakit yang menular. teman saya sering tidur di kamar saya, terkadang jika batuk di tutupi dengan bantal saya. apakah bantal yang terkena virus dari teman saya dapat menjadi perantara menularnya bronkitis pada tubuh saya nanti ketika saya memakai bantal yang sama? mohon penjelasannya dok, karena saya takut tertular oleh penyakit bronkitis teman saya. terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda,

Sebelum menjawab pertanyaan Anda, ijinkan kami menjelaskan sekilas mengenai bronkitis. Bronkitis adalah suatu kondisi dimana terjadi peradangan atau infeksi pada bagian dinding dalam dari saluran pernapasan utama /bronkus. Saluran pernapasan adalah saluran yang terdapat di dalam paru-paru yang merupakan tempat aliran udara. Jika saluran pernapasan tersebut mengalami iritasi, maka akan terbentuk lendir yang tebal di dalamnya. Lendir tersebut dapat menyumbat sehingga menghalangi udara untuk mencapai paru-paru. Maka dari itu, gejala yang dapat terjadi berupa batuk berdahak yang banyak mengandung lendir, kesulitan bernapas dan dada terasa sesak. 

Bila keadaan ini berlangsung lebih dari 3 bulan, maka dikatakan bronkitis kronik. Merokok adalah penyebab utama dari bronkitis kronik. Ketika rokok dihisap menuju paru-paru, maka akan mengiritasi jalan napas dan kemudian memproduksi lendiri. Selain merokok, mereka yang seringkali terpapar dengan uap bahan kimiawi, debu atau lainnya, juga dapat terkena bronkitis kronik. 

Jika Anda merokok, yang terpenting adalah berhenti. Bahan-bahan lain yang dapat mengiritasi jalan napas seperti hairspray, deodoran semprot, dan cat semprot. Selain itu, hindari menghirup udara di lokasi yang berdebu atau mengandung uap kimiawi. 

Untuk tertular bronkitis bisa saja, namun tergantung juga bronkitis tmeang Anda disebabkan oleh apa, apakah kaena merokok, atau karena infeksi dan huga tergantung dari daya tahan tubuh Anda. Sebaiknya memang bila ada teman yang sedang infeksi pernafasan, dan batuk ke bantal Anda, coba ganti sarung bantal Anda dan jemur bantal Anda. 

Demikian informasi kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)
Salam,


Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar