Sukses

Penambalan untuk Gigi Berlubang

16 Oct 2014, 20:56 WIB
Wanita, 40 tahun.
Dear Dokter, Saya memiliki gigi berlubang (bawah, agak belakang) dengan kondisi nyaris habis karena sudah lama. Kadang saya merasa nyeri. Dalam waktu 2 bulan ke depan saya merencanakan program kehamilan. Perawatan apa yang sesuai? Apakah dicabut atau ditambal? Apakah ada teknik penambalan/pengeboran gigi tanpa sakit? Jenis penambalan apa yang sesuai untuk saya? Salam, Debby
Klikdokter

Dijawab Oleh:

Klikdokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Saya turut prihatin atas kondisi yang Anda alami. Mengingat kondisi gigi yang telah berlubang cukup parah dan sering menimbulkan rasa sakit maka segeralah periksakan kedokter gigi, terlebih lagi Anda berencana mengikuti program kehamilan. Perlu Anda ketahui bahwa kehamilan dan kesehatan gigi serta mulut saling mempengaruhi dimana perubahan hormon yang terjadi akan mempengaruhi keadaan mulut Anda begitu pula dengan kesehatan gigi serta rongga mulut akan sangat berpengaruh terhadap kehamilan.

Perawatan yang diperlukan pada gigi Anda tentu saja baru dapat ditentukan ketika sudah dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter gigi. Apabila gigi masih dapat ditambal maka akan dilakukan perawatan penambalan, namun bila sudah tidak dapat ditambal atau dilakukan perawatan lainnya maka gigi akan dicabut. Mengenai kekhawatiran Anda akan perawatan gigi yang bisa menimbulkan rasa sakit maka sebaiknya diutaran juga pada dokter gigi yang merawat Anda.

Berikut artikel yang dapat Anda baca terkait pertanyaan Anda.

Rupa-rupa Tambalan Gigi

Gigi berlubang, Jangan Takut Bor

Gigi Berlubang: Cabut atau Rawat?

Penyebab Gigi Berlubang?

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam

drg. Arni Maharani

0 Komentar

Belum ada komentar