Sukses

Batuk Berdahak

21 Aug 2014, 13:37 WIB
Wanita, 21 tahun.
saya dulu pernah TB paru dan kelenjar, tp ud d nyatakan sembuh, namun sudah hampir 2 minggu ni batuk berdahak lagi, sudah berkurang batuknya, namun jika kedinginan batuk lagi, saya juga susah untuk naik berat badan, hampir 1 bulan ni berat badan nya cuma 36, 35, trz, mungkin kah TB ny kumat lg ??
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih karena Anda telah memilih untuk menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan.

Batuk merupakan mekanisme pertahanan tubuh di saluran pernapasan dan merupakan gejala suatu penyakit atau reaksi tubuh terhadap iritasi di tenggorokan karena adanya lendir, makanan, debu, asap, dan sebagainya. Batuk terjadi karena rangsangan tertentu, misalnya debu di reseptor batuk (hidung, saluran pernafasan, telinga). 

Dahak biasanya diproduksi oleh tubuh misalnya ada infeksi, ada alergi, ada penggunaan berlebih dari suara, dsb. Dahak yang tidak dikeluarkan akan terus merangsang reseptor batuk di saluran napas dan dapat sangat mengganggu. Karena itu, untuk mengatasi dahak dilakukan dengan mengeluarkan dahaknya.

Pengeluaran dahak dapat dibantu dengan menggunakan obat batuk yang mengandung mukolitik ataupun ekspektoran. Mukolitik berfungsi untuk memecahkan lendir yang kental sehingga lebih mudah dikeluarkan. Dahak yang bercampur dengan darah yang sedikit  kemungkinan besar disebabkan adanya lecet di saluran pernafasan akibat pengeluaran dahak yang terlalu keras dan dicampur dengan adanya infeksi. 

Kami lampirkan sebuah artikel untuk Anda baca terkait batuk berdahak:

Jangan Anggap Sepele Batuk Berdahak

Kami menganjurkan agar sebaiknya Anda konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam. Sebab untuk kasus Anda sepertinya dibutuhkan pemeriksaan fisik lengkap dan juga pemeriksaan penunjang. Karena untuk memastikan apakah ini TB muncul lagi atau tidak harus dilakukan pemeriksaan tambahan. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam, 

Tim Redaksi KlikDokter 


 

0 Komentar

Belum ada komentar