Sukses

Wasir

19 Aug 2014, 16:51 WIB
Wanita, 30 tahun.
Sya mau tnya dok. Keluhan sya pnya pnyakit ambeien sdh ckup lma. Sbntar lgi sya akn menikah apakah berbahaya buat ambeien sya saat berhubungan intim, apakah bisa bertambah parah ambeien sya dok bisa bertambah kluar? Terus terang sya takut n khawatir sperti apa yg sya pikirkan
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Hemorrhoid (wasir/ambeien) merupakan pembengkakan dan peradangan pada pembuluh darah balik (vena) pada daerah rektum atau anus. Jadi sebuah wasir tidak akan menjadi kanker. Hemorrhoid dibagi menjadi hemorrhoid eksterna dan interna. Untuk menegakkan diagnosis ambeien, diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter pada anus Anda.

Hemorrhoid interna dapat dikelompokkan menjadi :
  • Grade I: wasir tidak keluar dari rektum
  • Grade II: wasir prolaps (keluar dari rektum) pada saat mengedan, namun dapat masuk kembali secara spontan
  • Grade III: wasir prolaps saat mengedan, namun tidak dapat masuk kembali secara spontan, harus secara manual (didorong kembali dengan tangan) 
  • Grade IV: wasir mengalami prolaps namun tidak dapat dimasukkan kembali

Berikut ini adalah pertanyaan pertanyaan yang cukup sering ditanyakan oleh penderita wasir.

1. Kalau pas kambuh seperti itu, apa yang harus saya segera lakukan?

  1. Jangan menahan BAB

Langsung menuju toilet bila merasa ingin BAB. Jangan menahannya. Kalau bisa, coba rutin untuk BAB setiap hari, misalnya saat sehabis makan pergilah ke toilet untuk beberapa menit.

  1. Duduk dalam air hangat

Rendam bokong Anda setiap 3 – 4 kali sehati selama kurang lebih 20 menit. Ini berfungsi untuk mengurangi gatal dan iritasi.

2. Kenapa BAB saya bisa seperti itu?

Bisa jadi karena Anda kurang mengkonsumsi makanan yang menagndung serat tinggi. Serat dapat membantu memperlancar BAB sehingga resiko terjadi wasir pun terhindari.

3. Apakah ada alternatif lain selain bedah atau operasi?

Penanganan wasir tergantung pada stadium nya. Hemorrhoid interna derajat I dan II masih dapat ditangani dengan terapi obat oral. Namun hemorrhoid interna derajat III dan IV serta hemorrhoid eksterna memerlukan tindakan bedah untuk penangannya. 

4. Apakah berbahaya saat berhubungan intim ?

Pada umumnya wasir dan hubungan seksual tidak ada pengaruh. Yang penting lakukan pencegahan seperti yang ditulis diatas saja. 

Berikut kami juga sertakan artikel berjudul: 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter


0 Komentar

Belum ada komentar