Sukses

Gatal Pada Daerah Vagina

21 Aug 2014, 13:43 WIB
Wanita, 24 tahun.
pagi dok, terkadang kulit disekitar vagina saya terlihat kemerahan dan terasa perih setelah itu mongering dan terlihat seperti keriput setelah itu mengelupas dan kulit disekitar vagina saya berubah menjadi kehitaman, biasanya proses ini berlangsung selama 3 hari mulai dr gejala kemerahan hingga kulit kehitaman. tapi setelah itu kulit saya kembali normal. sebenarnya apa yang terjadi dengan kondisi kulit disekitar vagina saya, sampai saat ini saya bingung harus menggunakan cream apa untuk menghilangkan kehitaman dikulit sekitar vagina saya. terima kasih
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Penyebab tersering gangguan kulit pada daerah kemaluan adalah infeksi jamur ataupun dapat juga merupakan bentuk dermatitis seborrhoic, hal ini disebabkan karena daerah tersebut merupakan daerah yang tertutup dan lembab, sehingga menjadi tempat ideal tumbuhnya jamur. Gambaran dari infeksi jamur adalah kemerahan pada kulit dengan bagian atasnya kering serta bersisik. Sebetulnya tidak perlu dilakukan pencukuran rambut kemaluan. Rambut kemaluan tersebut justru berfungsi sebagai pelindung daerah kemaluan. Pencukuran malah meningkatkan risiko infeksi pada kulit kemaluan.

Sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk mendapatkan diagnosis pasti karena pada dasarnya penyakit kulit harus dilihat secara langsung. Dokter juga dapat melakukan pemeriksaan laboratorium terhadap cairan keputihan yang ada untuk mengetahui penyebab serta terapi yang sesuai. Sementara itu, jagalah kebersihan daerah kemaluan secara teratur dengan sabun. Hindari keadaan daerah kemaluan yang terlalu lembab.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (EA)

Terima kasih.

Tim Redaksi Klikdokter

 
 

0 Komentar

Belum ada komentar