Sukses

Apa Itu SGPT/SGOT ?

18 Oct 2014, 19:22 WIB
Pria, 52 tahun.
Selamat Pagi Dok. saya Punya Tahi Lalat Cukup Besar di dahi, setelah saya konsultasikan ke dr Bedah Plastik dan cek FA saya disarankan Operasi. pada tahapan itu Saya diminta cek Ke Lab. yang ingin saya tanyakan dari hasil Lab didapat Kadar SGOT saya 69 dan SGPT 126, dan saya tidak merasa punya keluhan samasekali dalam fisik saya, saya tanya ke dr saya dan diberikan jawaban kalau itu mssalah hati, tapi dari jawaban tersebut saya kurang puas, mhn diberikan Penjelasan Detil Tentang SGOT dan SGPT. dan Apa sebaiknya yang harus saya Lakukan. Trima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Mohon diingat bahwa ekonsultasi online tidak dapat menggantikan konsultasi langsung dengan dokter karena terbatasnya data yang anda berikan dan tidak dilakukannya pemeriksaan fisik. Jadi kami tidak mendiagnosa suatu penyakit seperti layaknya seorang dokter.

 

Nilai SGOT dan SGPT

SGPT dan SGOT merupakan enzim-enzim pada hati yang akan meningkat jumlahnya di dalam tubuh jika hati mengalami kerusakan baik kerusakan fungsi hati secara akut maupun kronis.  Lebih lanjut kami akan mencoba menjelaskannya satu persatu: 

 

  •  SGPT (Serum Glutamic Pyruvate Transaminase): merupakan  suatu enzim yang terdapat di dalam sel hati. Ketika sel hati mengalami kerusakan, akan terjadi pengeluaran enzim SGPT dari dalam sel hati ke sirkulasi darah dan akan terukur melalui pemeriksaan laboratorium.  

     

  • SGOT (Serum Glutamic Oxaloacetic Transaminase) : seperti halnya SGPT, SGOT merupakan enzim hati yang terdapat di dalam sel parenkim hati. SGOT akan meningkat kadanya di dalam darah jika terdapat kerusakan sel hati. Namun SGOT tidak spesifik hanya terdapat di dalam hati. SGOT juga dapat ditemukan di sel darah, sel jantung dan sel otot, karena itu peningkatan SGOT tidak selalu menunjukkan adanya kelainan di sel hati.

 

Nilai normal SGOT adalah 3-45 u/L, sedangkan nilai normal SGPT adalah 0-35 u/L (terdapat sedikit variasi dari nilai normal dan sangat tergantung dari laboratorium tempat pemeriksaan). Namun hasil SGOT dan SGPT yang normal belum tentu menandakan bahwa Anda bebas dari penyakit hati. Pada kasus penyakit hati yang kronik (menahun), misal akibat hepatitis B kronik atau hepatitis C kronik, dapat ditemukan kadar enzim SGOT dan SGPT yang normal atau sedikit meningkat. Pada infeksi hati yang kronik (menahun), sel hati secara perlahan-lahan mengalami kerusakan dan hal ini tidak dapat diketahui hanya dari pemeriksaan enzim hati di dalam darah.

SGOT dan SGPT merupakan enzim yang dapat ditemukan pada sel-sel hati. Karena itu jika terjadi kerusakan (nekrosis) sel-sel hati, seperti yang terjadi pada infeksi akut virus hepatitis, enzim-enzim tersebut keluar dari sel hati dan masuk ke dalam darah. Semakin banyak sel-sel hati yang rusak, semakin tinggi pula kadar SGOT/SGPT yang terukur di dalam darah. Secara laboratoris pemeriksaan enzim hati pada hepatitis akut didapati adanya peninggian SGOT dan SGPT sampai 20-50 kali normal dengan SGPT lebih tinggi SGOT daripada SGPT (SGOT/SGPT < 0,7).

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat. (EA)

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar