Sukses

Pentingkah Susu Formula?

19 Oct 2014, 16:30 WIB
Wanita, 18 tahun.
Salam dokter.. Saya memiliki anak berusia 1 bulan. Saya dan suami berkeinginan agar anak saya hanya mendapatkan ASI sampai berumur 6bulan, karena setau saya ASI adalah yang terbaik dan juga karena ASI saya yang begitu melimpah. Tetapi mertua saya berkeinginan lain, mereka ingin anak saya juga mengkonsumsi susu formula dengan perbandingan perharinya 50% ASI + 50% susu formula. Karena menurut mereka jika anak saya tidak mengkonsumsi susu formula maka anak saya akan kekurangan gizi. Yang saya ingin tanyakan : 1. Apakah benar anaak saya akan kekurangan gizi bila tidak mengkonsumsi susu formulaa ? 2. Apakah perlu peranan susu formula untuk anak saya hingga usia 6 bulan ?? 3. Sejak seminggu yang lalu anak saya tidak mau lagi minum susu formula, setiap saya beri gitu selalu dia muntahkan, dia hanya mau minum ASI. Lalu apa yang harus saya lakukan ??

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Merujuk dari pertanyaan Anda, jika produksi ASI Anda masih lancar sebaiknya diberikan ASI. ASI adalah makanan terbaik untuk anak, terutama pada usia 0-6 bulan. Jika memang tidak ada kontraindikasi pemberian ASI, seperti infeksi pada payudara atau HIV/AIDS, sebaiknya tetap berikan ASI untuk bayi Anda. Menurut panduan Badan Kesehatan Dunia, ASI sebaiknya diberikan selama 6 bulan pertama tanpa makanan tambahan apapun termasuk air putih dan susu formula (ASI eksklusif) karena nutrisi yang dikandungnya sudah mencukupi untuk 6 bulan pertama kehidupan. Penelitian-penelitian terbaru menemukan berbagai manfaat ASI yang tidak terkira sehingga diperolehlah rekomendasi ASI eksklusif selama 6 bulan.

Air susu ibu (ASI) adalah sebuah cairan tanpa tanding ciptaan Yang Maha Kuasa untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi dan melindunginya dalam melawan kemungkinan serangan penyakit. Keseimbangan zat-zat gizi dalam air susu ibu berada pada tingkat terbaik dan mudah dicerna oleh bayi baru lahir.

ASI kaya akan sari makanan, paling higienis, dengan temperatur yang tepat dan kadar gizi yang paling dibutuhkan oleh bayi. Daftar manfaat ASI bagi bayi selalu bertambah setiap harinya. Salah satu hal yang menyebabkan ASI sangat dibutuhkan bagi perkembangan bayi yang baru lahir adalah kandungan minyak omega-3 asam linoleat alfa untuk perkembangan otak dan saraf.

Jumlah ASI yang normal diproduksi pada akhir minggu pertama setelah melahirkan adalah 550 ml per hari. Dalam 2-3 minggu, produksi ASI meningkat sampai 800 ml per hari. Jumlah produksi ASI dapat mencapai 1,5-2 L per harinya. Jumlah produksi ASI tergantung dari berapa banyak bayi menyusu. Semakin sering bayi menyusu, semakin banyak hormon prolaktin dilepaskan, dan semakin banyak produksi ASI. Sebaliknya, produksi ASI akan berkurang secara bertahap jika frekuensi juga berkurang. 

Setelah usia 6 bulan, Anda dapat memberikan makanan pendamping ASI dan susu formula bagi bayi Anda. Anak Anda tidak akan kekurangan gizi karena tidak minum susu formula asalkan kebutuhan ASI nya tercukupi. Tidak ada susu formula yang dapat menandingi kualitas ASI.

Jika Anda bekerja, dan produksi ASI masih lancar, anak Anda dapat menggunakan ASI perah, berikut "Cara Menyimpan ASI Botolan Yang Baik Dan Benar"

Berikut kami lampirkan artikel yang bermanfaat untuk Anda:

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

 

Tim redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar