Sukses

Gatal Pada Anus

19 Aug 2014, 11:48 WIB
Pria, 17 tahun.
Selamat pagi dokter, saya mau menanyakan keluhan tentang perasaan tidak enak yang muncul di sekitar dubur (tepatnya pada mulut dubur), sudah beberapa minggu ini saya sering mengalami gatal di sekitar mulut dubur saya bagian luar ketika saya raba tidak ada sesuatu hal yang menonjol ataupun tidak menunjukkan adanya gejala yang persis seperti hemoroid. Gatal itu kadang hilang dalam beberapa hari tapi kambuh lagi setelah biasanya terkena air dingin dan juga pada malam hari tapi tidak begitu sering. Berdasarkan ciri-ciri di atas menurut dokter saya terkena apa ya? Terima kasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

 Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Ada beberapa kondisi yang dapat menyebabkan gatal pada anus:

  1. cacingan
  2. candidiasis (semacam jamur) atau jamur yang menginfeksi kulit
  3. scabies, sejenis kutu yang infeksi kulit
  4. iritasi karena diare
  5. kondiloma akuminata (kutil)
  6. dan lain-lain (jarang)

Apakah ada kemerah-merahan selain di anus, seperti lipat paha? Apakah pakaian dalam Anda sering lembab? Bila ya mungkin penyebabnya adalah jamur atau candida (semacam jamur). 

Saran dari kami adalah Anda berobat ke dokter umum terlebih dahulu, untuk dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung. Anda dapat pula mencoba obat cacing yang dijual bebas, karena cukup sering juga gatal pada daerah anus disebabkan oleh cacing. Perlu juga mengganti pakaian dalam lebih sering bila lembab.

Keluhan-keluhan Anda perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang  (misal: laboratorium, dsb). Untuk itu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter untuk wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (EA)

Salam,

 

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar