Sukses

Hidung Tersumbat

20 Aug 2014, 17:22 WIB
Pria, 20 tahun.
Malaam dok, saya ingin menanyakan tentang hidung saya dok... hdung saya sering trsa sperti tersumbat, ktikaa saya coba kluarkan sumbatannya tuh yang kluar sperti kotoran yang agak coklat,sngat kental dan agak berbentuk bulet kecil2 dan berbau dot ... kiranya ini pnyakit apa ya dok? dan apa yang harus saya lakukan .. trimakasih dok..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Penyebab hidung tersumbat, ada banyak sekali, bisa dari alergi, atau infeksi. Jika keluhan hidung disebabkan karena infeksi, maka umumnya disertai lendir berwarna kehijauan dan kental, tidak menutup kemungkinan berwarna coklat. Namun jika disebabkan oleh reaksi alergi umumnya sekretnya cair. Bisa juga keluhan sering pilek disebabkan karena gangguan struktur pada hidung seperti septum deviasi atau tulang hidung yang miring.

Pertama izinkan kami menjelaskan tentang keluhan hidung tersumbat yang umumnya dialami masyarakat. Sering pilek yang berkepanjangan dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah alergi. Alergi dapat disebabkan oleh banyak hal, dimana untuk mengetahuinya diperlukan pemeriksaan khusus atau prick test pada kulit.

Pada pilek akibat alergi (rhinitis alergi), pilek terutama dipicu oleh hal-hal yang membuat kita alergi.

Terapi yang dapat dilakukan antara lain :

  • Dengan menghindari kontak dengan allergen penyebab, dalam kasus anda berarti udara dingin di pagi hari dan debu sebagai pencetus terjadinya alergi. Anda dapat menggunakan baju hangat ketika tidur, jangan menggunakan kipas angin/AC, memakai selimut untuk tidur, hindari paparan debu.
  • Pengobatan, dengan menggunakan obat anti alergi golongan antihistamin H-1, yaitu obat yang sering dipakai sebagai lini pertama dalam pengobatan rhinitis alergi atau dengan kombinasi dekongestan oral. Obat golongan kortikosteroid dipilih jika tidak berhasil diatasi oleh obat lain.

Kami sarankan agar Anda dapat kontrol ke dokter spesialis THT untuk memastikan efek pengobatan dan evaluasi ulang untuk penanganan lebih lanjut.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (DNA)

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar