Sukses

Gangguan Pencernaan

20 Aug 2014, 16:19 WIB
Wanita, 36 tahun.
Dok,setelah saya sempat di opname karena tipes di bulan Juli selama 4 hari, masalahnya sekarang saya mempunyai keluhan ulu hati terasa bengah, di kerongkongan terasa mengganjal, mual tapi tdk sampai muntah, dada terasa panas. Saya sudah bolak-balik ke dokter spesialis penyakit dalam dan terakhir saya di berikan obat jenis pumpitor 20 mg capsule, vosedon 10 mg tablet dan Biosanbe. Obat-obatan ini untuk apa saja. Adakah diet makanan yang saya lakukan. Apakah saya perlu melakukan endoskopi atau tidak ya dok. Terima kasih atas jawabannya dok.

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan.

Nyeri ulu hati dapat siebabkan beberapa hal, diantaranya adalah masalah pada otot, gastritis (peradangan lambung), GERD, duodenitis, dan gangguan pencernaan lainnya. 

Berdasarkan cerita Anda, sepertinya ada masalah saluran cerna, hal ini bisa berkaitan dengan riwayat demam typhoid yang Anda alami. Namun kami tidak dapat mendiagnosis hanya dengan informasi yang terbatas dan tanpa melakukan pemeriksaan fisik. Untuk sementara, hindari makanan yang memicu peningkatan asam lambung (pedas, asam, berlemak, alkohol, rokok, soda),  hindari stres, makan teratur 3x/hari porsi makan sedikit-sedikit tapi sering, selalu makan snack diantara makan besar. Jika penyebabnya gastritis maka diperlukan obat untuk menurunkan asam lambung.

pumpitor 20 mg capsule memiliki kandungan omeprazole yang berfungsi sebagai prpton pump inhibitor yaitu dapat menekan sekresi asam lambung, vosedon 10 mg tablet memiliki kandungan domperidone yang berfungsi untuk mengurangi gejala mual dan muntah. Sedangkan biosanbe merupakan multivitamin.

Diperlukan lebih banyak informasi untuk  mengetahui diagnosis dari kondisi kesehatan Anda. Juga diperlukan pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan penunjang yang diperlukan. Jika keluhan sangat mengganggu, sebaiknya Anda mengunjungi dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang yang diperlukan sehingga kondisi Anda dapat segera ditentukan dan ditangani secara optimal.  

Berikut kami lampirkan artikel sebagai tambahan informasi untuk Anda:

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (DNA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar