Sukses

Penanganan Gagap Pada Anak

19 Oct 2014, 03:36 WIB
Pria, 38 tahun.
Selamat sore dokter sy mau tanya gagap pd anak2 apa bs d'sembuhkan? Trima kasih dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Gagap adalah suatu gangguan kelancaran berbicara. Anak usia 2 sampai 5 tahun sering mengulang-ulang kata-kata atau bahkan seluruh kalimat yang diucapkan kepadanya. Gagap sampai usia 3 tahun masih tergolong wajar karena anak pada golongan usia tersebut masih mempelajari cara berbicara, menyusun kata-kata dalam suatu kalimat, dengan berbagai kosa kata yang ingin diucapkan namun kemampuan mengekspresikan masih terbatas. Oleh karena itu, anak pada golongan usia tersebut umumnya masih mengalami gangguan kelancaran berbicara.

Apabila sebelumnya anak Ibu lancar berbicara kemudian tiba-tiba menjadi gagap, maka perlu Ibu perhatikan adakah kejadian buruk yang anak Ibu alami sebelumnya? Terkadang stres pada anak dapat menyebabkan gagap. Sering kali orang tua merasa kesal dengan kegagapan anak. Kesabaran merupakan sikap terpenting yang harus dimiliki oleh orang tua selama anak berada dalam tahap ini.

Beberapa langkah yang dapat dilakukan oleh orang tua untuk berkomunikasi secara nyaman dengan anak yang gagap yaitu :

  • Bila anak berbicara gagap, jangan menyuruh anak untuk mengulangi kata-katanya. Cukup Ibu yang mengulangi apa yang dikatakannya
  • Ketika sedang berbicara dengannya, bicaralah dalam tempo yang lambat dan dengan sabar
  • Jangan mengomentari anak dengan ucapan seperti ?pelan-pelan saja? atau semacamnya. Komentar semacam ini, walaupun diucapkan dengan niat baik, hanya akan membuat anak merasa semakin tertekan
  • Ijinkan anak untuk berhenti berbicara jika ia merasa tidak nyaman
  • Ciptakan suasana yang tenang dan nyaman di rumah
  • Biarkan anak berbicara dan mengucapkan kalimatnya sampai selesai
  • Yang paling penting adalah sering berlatih. Jadilah contoh yang baik bagi anak dengan selalu berbicara dengan jelas

Gagap dapat diatasi, namun terapi untuk gagap yang cukup parah pada anak dapat mencakup terapi psikologis maupun terapi bicara. Kesabaran orangtua dalam membimbing anak-anaknya berbicara memang sangat dibutuhkan pada fase ini.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat (DNA)

Salam

 

(Tim Redaksi Klikdokter)

 

0 Komentar

Belum ada komentar