Sukses

Nyeri Saat BAK

19 Aug 2014, 07:11 WIB
Pria, 19 tahun.
dokter .. saya mengalami ganggu saat buang air kecil .. terasa sakit tapi bukan saat kencingnya .. melainkan setelah buang air kecil terasa tidak nyaman ( dalam artian seperti panas dan nyeri tapi tidar terlalu sakit dan itu hanya dalam 1 / 2 detik sudah hilang ) apakah ini penyakit PMS ? karena saya tidak pernah melakukan Penetrasi pada WTS.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terimakasih atas kesetiaan anda menggunakan layanan e-konsultasi dari klikdokter.

Kami memahami kehawatiran Anda. Pertama izinkan kami menjelaskan tentang proses berkemih. Berkemih merupakan proses yang kompleks. Kandung kemih dewasa umumnya dapat menampung air kemih hingga 500-620 cc. Perasaan ingin berkemih timbul saat air kemih mencapai 300-400 cc (sekitar 75% kapasitas total). Saat perhatian anda teralih, keinginan berkemih tersebut dapat berangsur hilang dan akan timbul kembali seiring penambahan air kemih, begitupun yang terjadi saat tidur dimana perhatian anda berada pada alam bawah sadar anda. Ketika Anda mengeluh nyeri saat berkemih, ada beberapa kemungkinan penyebab, misalnya infeksi saluran kencing, iritasi daerah penis atau bahkan ada sumbatan saluran kencing. Masing-masing memiliki gejala tambahan masing-masing yang lebih baik dikonfirmasi dengan pemeriksaan langsung oleh dokter.

Keluhan yang umum dirasakan untuk infeksi adalah nyeri dan terasa panas saat  buang air kecil (BAK), gangguan BAK lain (tidak lampias, terputus-putus, dsb) hingga nyeri perut bawah. Dan bila tidak ditangani secara optimal, infeksi saluran kemih dapat berkembang menjadi batu.

Terlebih jika Anda sempat mengeluh adanya nyeri pinggang, nyeri kencing dan berdarah, perlu dicurigai adanya infeksi atau sumbatan di sepanjang saluran kencing. Batu pada saluran kencing bisa terjadi pada sepanjang saluran kencing yaitu mulai dari organ ginjal sampai saluran kencing paling bawah. Kami menyarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter penyakit dalam untuk melakukan pemeriksaan menyeluruh pada diri Anda.

Kami lampirkan beberapa artikel untuk Anda baca terkait kesehatan pria:

Demikian penjelasan saya. Semoga dapat menjawab pertanyaan anda. (AN)

Terimakasih,

(Tim Redaksi Klikdokter)

0 Komentar

Belum ada komentar