Sukses

Buah Zakar Besar Sebelah, Bahayakah?

19 Oct 2014, 22:36 WIB
Pria, 21 tahun.
Assalamualaikum dok, saya mau nanya nih, tentang buah zakar saya besar sebelah, itu wajar tidak dok, tapi saya tidak merasakan nyerii Apapun. Terimakasih.
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Perlu diketahui sebelumnya bahwa struktur anatomi tubuh manusia memiliki beberapa variasi bentuk yang normal ditemukan. Dalam satu individu sekalipun, variasi ini dapat ditemukan seperti testis kiri tampak lebih turun dibandingkan yang kanan pada laki-laki, atau payudara kiri tampak lebih besar dibandingkan kanan pada perempuan. Selama perbedaan ini tidak mencolok (< 50% antara sisi kanan dengan sisi kiri), maka kondisi ini dapat dikatakan normal.

Perlu juga diperhatikan konsistensi dari testis Anda, apakah semakin membesar dan teraba keras. Apakah makin terlihat besar pada waktu Anda mengedan atau batuk dan lain sebagainya. Gejala buah zakar membesar saat mengedan atau batuk, merupakan salah salah satu gejala turun bero atau hernia. 

Hernia, atau sering kita kenal dengan istilah “turun bero”, merupakan penonjolan isi suatu rongga melalui defek atau bagian lemah dari dinding rongga bersangkutan. Hernia inguinalis dibagi menjadi 2, yaitu hernia inguinalis medialis dan hernia inguinalis lateralis. Jika kantong hernia inguinalis lateralis mencapai skrotum (buah zakar), hernia disebut hernia skrotalis. Hernia terdiri atas jaringan lunak, kantong, dan isi hernia. Khususnya hernia skrotalis, dimana skrotum menjadi lebih besar, dapat berpengaruh kepada kesuburan pria. 

Apakah penyebabnya?

 

Penyebab Buah Zakar Besar Sebelah

Sayang informasi yang Anda berikan masih sangat terbatas, sehingga sulit untuk menentukan penyebab pasti dari keluhan yang Anda alami saat ini. Bila keluhan yang Anda rasakan dirasa sangat menghawatirkan ada baiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis urologi. Karena diperlukan pemeriksaan fisik secara menyeluruh untuk menentukan diagnosa suatu penyakit.

Kami sertakan artikel untuk informasi lengkap Anda:

Hernia

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam

0 Komentar

Belum ada komentar