Sukses

Enzim Hati pada Hepatitis A

18 Aug 2014, 13:01 WIB
Pria, 20 tahun.
Selamat malam, dok. Saya pernah terkena hepatitis A, cek sgot/sgpt pertama hasilnya sgot 682 dan sgpt 968, kemudian saya minum hp pro trus cek lagi sgot 276 sgpt 363. Setelah itu selang bbrp minggu sy cek lagi dok dan ternyata sgotnya naik lagi hampir 400-an dan sgptnya hampir 500an. Setelah itu sy minum lg hp pro nya dok namun skrg blm cek lagi sgot/ptnya. Itu gimana ya dok bahaya gak sih? Dan penatalaksanaan yg tepat bagaimana dok pdhl saya jg sudah imbangi deengan istirahat. Dan gejala hepatitis A sy pun sudah hilang, namun menormalkan lagi fungsi hatinya yg susah. Mhn jawabannya dok. Terima kasih :)
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Tidak ada tatalaksana yang khusus untuk Hepatitis A. Istirahat yang cukup dan diet (hindari makan-makanan yang dapat menimbulkan gangguan pencernaan, seperti makanan yang berlemak). Obat-obatan diberikan hanya untuk mengurangi gejala-gejala yang ditimbulkan.
Perawatan yang dapat dilakukan di rumah;

 

  • Tetap tenang, kurangi aktivitas dan banyak istirahat di rumah
  • Minum banyak air putih untuk menghindari dehidrasi

 

 

  • Hindari minum obat yang dapat melukai hati seperti asetaminofen dan obat yang mengandung asetaminofen
  • Hindari minum minuman beralkohol
  • Hindari olahraga yang berat sampai gejala-gejala membaik

Kadar enzim hati SGOT dan SGPT pada infeksi hepatitis A memang masih tetap dapat tinggi bahkan setelah 3 bulan setelah infeksi. Hal ini tidak perlu dikhawatirkan selama gejala-gejala yang ada sebelumnya sudah mereda. Lakukan kembali pemeriksaan 3 bulan setelah infeksi/sakit untuk mengetahui apakah infeksi ternyata juga mengenai daerah empedu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar