Sukses

Keputihan Lengket, Vagina Bau

19 Oct 2014, 02:06 WIB
Wanita, 25 tahun.
siang dok... saya mau tanya, saya sering mengalami keputihan tapi keputihannya warna putih pekat dan lengket bentuknya kayak tepung yang di kasih air. ini sangat menganggu dan baunya juga tidak sedal. kira2 apa ini ada kelainan pada daerah sensitif saya ya dok...?
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit / jamur / bakteri.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.


Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.


Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah bau tidak sedap tersebut antara lain:

  • Gunakan celana dalam yang terbuat dari katun
  • Hindari penggunaan celana yang sempit
  • Hindari produk yang menggunakan pewangi untuk membersihkan vagina
  • Ganti pembalut secara berkala
  • Makan buah dan sayuran secara teratur
  • Buang air kecil dan cuci segera kemaluan setelah berhubungan intim untuk membersihkan area vagina dari bakteri

Untuk memastikan penyebab vagina yang berbau dan keputihan sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter umum atau spesialis kebidanan dan kandungan.

Secara anatomi, saluran kemih bagian bawah perempuan (uretra) merupakan saluran yang sangat pendek dan bermuara dekat vagina. Karena itu saluran kemih perempuan lebih mudah terkena infeksi daripada laki-laki. Jika ada infeksi dalam vagina, infeksi tersebut mudah menyebar ke saluran kemih dan menimbulkan berbagai keluhan buang air kecil, seperti yang pernah Anda rasakan. Begitupun dengan kontaminasi dari anus. Oleh sebab itu sangat penting untuk senantiasa memerhatikan kebersihan dan kekeringan daerah genitalia Anda. Jika membilas setelah buang air kecil, lakukanlah dengan arah dari depan ke belakang, bukan sebaliknya. Jangan gunakan celana atau pakaian dalam yang terlalu ketat untuk menghindari keadaan yang lembab. Hindari penggunaan panty liner yang mengandung pengharum (terlebih bila digunakan > 6 jam), serta produk pembersih vagina yang dapat menyebabkan perubahan keasaman dan keseimbangan bakteri dalam vagina.


Untuk menambah pengetahuan bersama, berikut ini kami rekomendasikan beberapa tulisan yang disusun Tim Redaksi Medis Klikdokter.com  seputar kesehatan kewanitaan:

Demikian jawaban yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar