Sukses

Ginjal Janin Membesar dalam Kandungan

20 Oct 2014, 03:47 WIB
Wanita, 29 tahun.
Saat ini kandungan istri saya memasuki bln ke-9, awalnya USG didokter kandungan istri saya, dokter mengatakan ada 2 kemungkinan, kista atau pembesaran kandung kemih sehingga beliau merujuk ke fetomaterna, sabtu 16 -08-14 sabtu kmrn hasil USG menunjukan ada pembesaran dikandung kemih janin dan jg ginjal kiri, utk mengetahui jenis kelamin janin pun tdk terlihat, dokter menganjurkan utk periksa ulang bbrp hari kedpn, jika pembesarannya bertambah maka ada 2 pilihan utk menghindari lbh parahnya ginjal, dilakukan sedot pd kandung kemih janin atau dipasang semacam selang sehingga cairan dikandung kemih anak saya dialirkan ke ketuban, yg ingin saya tanyakan apakah akan ada efek baik setelah dilakukan & jg kedpnnya terhadap janin setelah dilahirkan jika kami pilih dilakukan sedot pd kandung kemihnya? Penyebab terjadinya hal tsb apa benar krn adanya penyumbatan pd saluran kelaminnya yg jg mengakibatkan susahnya terlihat jenis kelamin janin kami? Apakah ini ada kaitannya jg dgn banyaknya konsumsi minum istri saya yg belakangan ini menurutnya meningkat dr sebelumnya? Tks
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Salam Kami untuk istri Anda. Kami turut prihatin dengan apa yang terjadi pada bayi di dalam kandungan istri Anda.

Kami akan mencoba menjawab pertanyaan Anda. 

Nampaknya yang saat ini terjadi pada bayi dalam kandungan istri Anda adalah Obstruksi Saluran Kemih Fetal. Obstruksi Saluran Kemih Fetal ini disebabkan oleh banyak hal. Paling sering disebabkan karena terjadinya penyempitan saluran kemih janin di salah satu jalur saluran kemih janin atau tidak terbentuknya saluran kemih janin. Ini menyebabkan aliran air kencing/urin menjadi tidak lancar sehingga dapat terjadi pembesaran kandung kemih atau ginjal dan dapat menyebabkan gangguan perkembangan ginjal dan paru-paru janin.

Untuk mengetahui efek baik setelah prosedur penyedotan cairan dari dalam janin, perlu diketahui terlebih dahulu kondisi bayi dalam kandungan saat ini. Apakah cairan yang ada sangat banyak dan bagaimana kondisi keseluruhan janin. Perlu diketahui apakah ginjal berkembang dan berfungsi dengan baik, apakah cairan ketuban dalam jumlah yang cukup dan apakah paru-paru berkembang dengan baik. Untuk itu, hal ini paling baik didiskusikan dengan dokter yang menangani Anda. Jika terjadi obstruksi yang parah, memang harus dilakukan tindakan segera. 

Yang dimaksudkan oleh dokter Anda adalah prosedur Vesicoamniotic Shunt, yaitu suatu prosedur ketika dokter bedah akan memasang saluran antara kandung kemih dan cairan ketuban sehingga tidak ada lagi hambatan aliran urin. Namun, kriteria dari prosedur ini adalah pemeriksaan urin yang tidak normal, yang dapat diketahui dengan menyedot cairan urin dari kandung kemih janin untuk kemudian diperiksa.

Tindakan ini diperlukan agar tidak terjadi kerusakan ginjal dan paru yang lebih parah. Setelah tindakan makan janin dan bayi yang kemudian sudah lahir pun harus terus dipantau ketat perkembangan dan kondisi kesehatannya.

Kami sarankan Anda mendiskusikan kembali dengan dokter Anda mengenai keputusan yang terbaik untuk buah hati Anda. Kami turut berdoa agar Ibu dan bayi sehat selalu.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar