Sukses

Sering Kencing pada Wanita

19 Oct 2014, 03:37 WIB
Wanita, 20 tahun.
Dok, saya punya masalah dengan buang air kecil/pipis. Saya tidak bisa mengontrol keinginan buang air kecil saya. Jadi setiap saya buka celana sehabis bepergian, menunggu pipis anak saya, menggunakan air (untuk cuci tangan atau minum atau sedang mencuci piring) dan hal lainnya yang berhubungan dengan air, saya pasti merasa ingin pipis. Kadang saya ketika berlari ke kamar mandi sampai tidak dapat menahannya dan...begitulah. Sering juga saat malam, ketika bermimpi sedang di kamar mandi atau semacamnya (sungai, atau kolam renang, atau laut misalnya) saya sampai err... ngompol. Masalahnya ketika saya ingin pipis sendiri bisa banyak keluarnya, namun ketika merasakan kebelet pipis karena berbagai hal diatas, saya hanya keluar sedikit sekali, sampai2 saya lebih memilih menyumpal kain di celana saya, jadi saya tidak perlu ke kamar mandi bolak balik. Namun hal ini mengganggu saya lebih dari 2 bulan, dan saya malu bertanya ke dokter atau ke orang lain. Kira-kira penyakit saya ini apa ya, Dok? Dan bagaimana cara menyembuhkannya. Saya sampai malu pada suami saya. Terima kasih sebelumnya
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Ibu/Saudari yang Terhormat,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Keluhan Anda adalah buang air kecil yang sering. Apakah buang air kecil tersebut disadari atau tidak disadari? Berapa banyak buang air kecil dalam sehari? Bagaimana konsumsi cairan Anda? Apakah Anda termasuk banyak minum? Apakah urin disertai pasir atau darah? 

Buang air kecil yang sering pada wanita, usia Anda dapat disebabkan oleh beberapa hal:

1.  Infeksi saluran kemih. Keluhan ini biasanya disertai dengan nyeri saat buang air kecil, buang air kecil tidak lampias, atau buang air kecil yang sering namun hanya sedikit-sedikit.

2.  Diabetes. Gejala khas diabetes adalah banyak buang air kecil, sering haus dan sering lapar.

3.  Gangguan pada persarafan. Gangguan pada persarafan kandung kemih dapat menyebabkan gangguan buang air kecil. Hal ini biasanya terjadi pada pasien dengan riwayat stroke.

4.  Overactive Bladder (OAB). OAB ditandai dengan berkemih minimal 3x dalam semalam dan jumlah berkemih mencapai minimal 8x/hari, urinary urgency (keinginan untuk segera berkemih), dan urinary incontinence (tidak dapat menahan berkemih). OAB sendiri memang lebih sering terjadi pada wanita. Faktor risikonya adalah sering melahirkan dan berat badan berlebih.

5.  Mioma Uteri. Adanya mioma dalam rahim dengan ukuran yang cukup besar dapat menyebabkan tekanan ke kandung kemih sehingga seringkali menyebabkan keluhan sering kencing atau tidak dapat menahan kencing.

Untuk mengetahui penyebab keluhan Anda, diperlukan beberapa pemeriksaan tambahan. Pemeriksaan yang dapat dilakukan umumnya adalah analisis urin, analisis berkemih, dan USG. Sebaiknya, Anda mengunjungi dokter spesialis urologi untuk evaluasi menyeluruh segera agar Anda dapat memperoleh penanganan tepat segera.

Setelah diketahui penyebab dari keluhan Anda, Anda dapat mendiskusikan dengan dokter Anda, pilihan penanganan yang paling sesuai. 

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam,                                       

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar