Sukses

Olahraga Untuk Lansia

19 Oct 2014, 22:00 WIB
Pria, 22 tahun.
pagi dok.. saya ingin bertanya.. jenis olahraga apa yang dapat dilakukan bagi mereka yang berusia 60-70 tahun..? dan makanan serta minuman apa yang menyehatkan yang dianjurkan bagi mereka yang berusia 60-70 tahun..? terima kasih dok
dokter

Dijawab Oleh:

dokter

Bapak/Saudara yang Terhormat.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-Konsultasi KlikDokter.

 

Pada prinsipnya, olahraga untuk populasi lansia (lanjut usia) harus dimulai pada kadar aktivitas yang sangat ringan kemudian secara bertahap dan meningkatkan sampai pada aktivitas sedang. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, olahraga lansia sebaiknya terdiri dari tiga komponen olahraga, yaitu;

1.  Latihan aerobik, artinya latihan olahraga untuk kesehatan jantung dan paru-paru, berupa gerakan tubuh secara umum seperti berjalan kaki. Latihan aerobik dapat dilakukan selama 30 menit setiap hari dalam seminggu. Selain jalan, latian aerobik bisa dilakukan dengan berenang, bersepeda,  serta memancing.

2.  Latihan kekuatan, bisa dilakukan dengan bentuk angkat botol air mineral yang dilakukan perlahan-lahan, dari menggerakan tangan tanpa beban beberapa menit, lalu dengan beban agar persendian teratur dan tidak kaget. Latihan kekuatan juga bisa dengan cara, bangun lalu berdiri dari kursi, hal inipun sama dilakukan perlahan dulu seperti pemanasan.

3.  Latihan keseimbangan, latihan ini sangat penting karena memang memiliki bukti ilmiah, tetapi secara empiris baik dilakukan untuk meningkatkan stabilitas dan menghindari risiko lansia jatuh. Latihan ini bisa dengan cara, berdiri pada satu kaki, peregangan otot-otot lengan dan kaki, seperti saat kita melakukan pemanasan sebelum berolahraga pada umumnya. Latihan ini dilakukan seminggu dua kali.

Lansia dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan lunak yang dapat membantu mempermudah sistem pencernaan mengolah makanan. Buah pisang dan umbi-umbian adalah salah satu makanan yang diperbolehkan. Jenis pengolahan makanan juga harus diperhatikan agar lansia tak merasa bosan dengan makanan yang disajikan. Mengolah makanan menjadi bubur atau membuat jenis makanan kukus dan direbus bisa menjadi alternatif. Selain itu konsumsi biji-bijian juga dianjurkan untuk lansia, contonya biji wijen, biji bunga matahari, dan biji semangka yang bisa meningkatkan saraf otak dan kaya akan kalsium.

Beberapa jenis makanan sebaiknya dihindari untuk menjaga kesehatan tubuh lansia, seperti menghindari gula pasir yang dapat membut asam lambung meningkat, gorengan, buah seperti mangga dan nanas, dan garam.

Kami sertakan artikel:

Makanan Natural untuk Lansia 

Olahraga Mencegah Pikun untuk Lansia  

Olahraga Penting untuk Lansia 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga dapat bermanfaat. (JF)

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar