Sukses

Gangguan Berkemih Pada Pria Usia Lanjut

17 Oct 2014, 09:26 WIB
Pria, 70 tahun.
Dokter yth., Saya ingin informasi bhw dalam usia saya yang sekarag ini saya tidak dapat melakukan hubungan biologis dengan sang isteri. Saya saat ini menderita darah tinggi dengan tensi rata 130/80. Saya juga pada bulan2 terakhir ini kalau malam hari selalu buang air kecil paling tidak 3-4 kali.Apa petunjuk bp. dr kepada saya. Terima kasih. Wassalam dari Muszaini Abdurachman.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Keluhan Anda adalah menurunnya aktivitas seksual dan buang air kecil yang sering. Berapa banyak buang air kecil dalam sehari? Bagaimana konsumsi cairan Anda? Apakah Anda termasuk banyak minum? Apakah urin disertai pasir atau darah? Apakah Anda memiliki riwayat stroke?

Buang air kecil yang sering pada pria du usia Anda dapat disebabkan oleh beberapa hal:

  1. Infeksi saluran kemih. Keluhan ini biasanya disertai dengan nyeri saat buang air kecil, buang air kecil tidak lampias, atau buang air kecil yang sering namun hanya sedikit-sedikit.
  2. Diabetes. Gejala khas diabetes adalah banyak buang air kecil, sering haus dan sering lapar dan ditunjang dengan kadar gula dalam darah yang tidak normal.
  3. Gangguan pada persarafan. Gangguan pada persarafan kandung kemih dapat menyebabkan gangguan buang air kecil. Hal ini biasanya terjadi pada pasien dengan riwayat stroke.
  4. Overactive Bladder (OAB). OAB ditandai dengan berkemih minimal 3x dalam semalam dan jumlah berkemih mencapai minimal 8x/hari, urinary urgency (keinginan untuk segera berkemih), dan urinary incontinence (tidak dapat menahan berkemih). OAB sendiri memang lebih sering terjadi pada wanita. Faktor risikonya adalah sering melahirkan dan berat badan berlebih.
  5. Pembesaran prostat jinak. Sering terjadi pada pria memasuki usia 50 tahun karena ukuran prostat yang membesar dan menyumbat saluran kencing.

Untuk mengetahui penyebab keluhan Anda, diperlukan beberapa pemeriksaan tambahan. Pemeriksaan yang dapat dilakukan umumnya adalah analisis urin, analisis berkemih, dan USG. Sebaiknya, Anda mengunjungi dokter spesialis urologi. 

Sebagai tambahan informasi, saya sertakan artikel: Gejala Pembesaran Prostat.

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (DNE)

Salam, 

Tim Redaksi KlikDokter


0 Komentar

Belum ada komentar