Sukses

Maag dan Pegal-Pegal

19 Oct 2014, 17:58 WIB
Wanita, 19 tahun.
Dok apakah sakit maag ada hubungannya sama pegal2 di badan? soalnya kmarin saya ke dokter karna maag dan setelah itu badan saya jadi pegal semua. terus apabila saya minum obat pegal apa tidak apa2 ?

Terima kasih telah menggunakan layanane-konsultasi KlikDokter.

Keluhan Anda adalah maag dan pegal-pegal. Apakah saat ini Anda masih merasakan keluhan tersebut?

Maag atau di dalam dunia kedokteran disebut dengan gastritis, yaitu peradangan yang terjadi pada lambung akibat pengeluaran asam lambung yang berlebih. Pada beberapa kasus, gastritis dapat disebabkan karena infeksi bakteri H. pylori. Umumnya maag akan menimbulkan gejala nyeri ulu hati, mual, kembung, dan muntah. Bagaimana dengan keluhan yang Anda rasakan? Bagaimana dengan pola makan Anda? 

Sedangkan keluhan pegal-pegal perlu ditelusuri lebih lanjut. Kapan saja nyeri muncul, kapan menghilang, apakah dapat diatasi dengan input nutrisi atau konsumsi multivitamin. Keluhan ini dapat saja merupakan kondisi yang berbeda dengan keluhan maag Anda dan terjadi secara bersamaan. 

Untuk memastikan diagnosis kami sarankan Anda segera memeriksakan diri ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan langsung. Selain itu perhatikan juga pola hidup Anda apakah sudah termasuk sehat atau belum. Bagaimana pola makan, pola aktivitas, pola tidur dan pola olahraga Anda? 

Bila benar Anda terkena maag maka selain pengobatan oleh dokter maka Anda juga harus melakukan perubahan pola hidup seperti jangan sampai telat makan/usahakan makan teratur, makan sedikit-sedikit tetapi sering, hindari konsumsi makanan pedas, asam, alkohol, rokok, kafein dan hindari stress. Hindarilah makanan-makanan yang dapat merangsang meningkatnya asam lambung.

Untuk mengatasi maag yang Anda dapat lakukan adalah: 

  1. Hindari makanan pedas, terlalu asam dan yang mengandung gas (kol, sawi, minuman bersoda)
  2. Hindari dahulu konsumsi kopi atau teh. 
  3. Makan sedikit-sedikit namun sering (porsi kecil dan sering) bisa hingga 5x dalam sehari 
  4. Jangan terlambat makan 
  5. Usahakan dalam diet makanan yang sehat, banyak sayur dan buah, serta karbohidrat, lemak yang sehat (hindari makanan siap saji dan daging olahan seperti sosis, chicken nugget, hot dog) 
  6. Coba hindari stres, coba alihkan ke kegiatan lain bila stres memang sangat menggangu. 

Anda juga dapat membaca artikel kami berjudul :

6 Makanan Perparah Maag

6 Makanan Pencegah Perut Kembung 

Dispepsia

Beda Sakit Maag dan GERD

Sakit Batu Empedu Sering Dikira Maag

Ini Dia Biang Kerok Nyeri Ulu Hati

Kami sarankan Anda segera mengunjungi dokter untuk pemeriksaan langsung dan mendapatkan pengobatan yang tepat. Selain itu, juga kemungkinan diperlukan pemeriksaan penunjang tambahan seperti pemeriksaan teropong ke dalam lambung (endoskopi) untuk melihat apakah ada perlukaan yang terjadi di bagian lambung.  

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (DNE)

Salam,

 

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar