Sukses

Benjolan di Anus

24 Aug 2014, 12:25 WIB
Pria, 21 tahun.
saya mau tanya, saya mempunyai benjolan di sekitar anus saya kira2 satu minggu yg lewat. saya ragu ini benjolan apa? ketika saya searching di internet benjolan di anus itu bisa wasir ataupun anal fistula. saya sangat khawatir. apalagi kalau anal fistula itu saya baca rupanya sangat sulit pengobatannya. benjolan saya tidak nyeri, BAB saya juga lancar. saya juga tidak pernah mengeluarkan nanah atau darah ketika BAB. duduk juga baik-baik saja. tolong penjelasannya atas keluhan saya. saya berobat ke bidan saya dikasih salep sama dua buah tablet obat. tolong penjelasannya, terima kasih.

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Untuk mendiagnosis benjolan di sekitar anus diperlukan wawancara medis yang mendetil dan pemeriksaan fisik yang baik. Diperlukan informasi seperti lokasi tepatnya, ukuran, warna, konsistensi, bentuk, daerah sekitar, dan informasi terkait lainnya yang perlu didapatkan dari pemeriksaan langsung. Untuk itu, sebaiknya Anda mengunjungi dokter untuk pemeriksaan fisik terlebih dahulu. 

Sebelum mengobati, tentu diagnosis harus terlebih dahulu ditegakkan, apakah benar bahwa benjolan yang Anda alami pada anus adalah benar sebuah bisul atau bukan. Izinkan kami menjelaskan tentang apa itu bisul atau furunkel.

Bisul merupakan salah satu infeksi akibat bakteri (yang paling sering adalah jenis streptococcus dan staphylococcus). Umumnya bisul atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan furunkel dicetuskan oleh kondisi kulit yang kurang terjaga kebersihannya, lembab, atau terdapat gangguan kekebalan tubuh.

Penyembuhan bisul tergantung ukuran dan keparahan bisul. Jika bisul masih kecil, maka bisa digunakan salep antibiotik. Namun jika sudah besar membentuk abses maka harus diinsisi dan dikeluarkan nanahnya. Untuk mengobati suatu penyakit diperlukan pemeriksaan menyeluruh terlebih dahulu.

Berikut kami lampirkan artikel mengenai wasir.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (DNE)

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter


0 Komentar

Belum ada komentar