Sukses

Leher Rahim Sempit

18 Oct 2014, 17:05 WIB
Wanita, 30 tahun.
Dokter, saya mau bertanya.. Saya sudah menikah 3th dan belum hamil, ketika dilakukan pemeriksaan, leher rahim saya sempit dan menanjak shg sperma sulit mencapai rahim dan akhirnya dilakukan dilatasi oleh obgyn untuk memperlebar. Yg mau saya tanyakan apakah setelah dilakukan dilatasi leher rahim akan melebar secara paten ataukah ada kemungkinan kembali ke semula ( kembali menyempit)?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Stenosis Serviks adalah suatu kondisi dimana saluran rahim bagian dalam menyempit bahkan tertutup. Kondisi ini dapat memicu terjadinya infeksi karena penimbunan bakteri atau darah dan infertilitas.

Beberapa wanita memang lahir dengan kelainan anatomi ini, namun kondisi ini juga bisa didapat karena beberapa hal sebagai berikut :

  • Kanker
  • Riwayat operasi sel pra kanker rahim
  • Tindakan untuk menghancurkan lapisan rahim (ablasi endometrium) pada wanita yang memilki riwayat perdarahan vagina
  • Terapi radiasi untuk menanggulangi kanker di dinding rahim 
  • Menopouse, karena menipisnya jaringan rahim

Untuk mengatasi hal ini, biasanya Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan akan melakukan prosedur dilatasi, dengan cara menempatkan benda metal kecil yang dilumuri lubrikan untuk membuka saluran yang dianggap menyempit selama 4 hingga 6 minggu. 

Bagaimanapun juga, tindakan dilatasi ini tidak menjamin untuk tidak kembali seperti semula (menyempit). Apabila usaha ini gagal, Dokter biasanya akan mempertimbangkan tindakan inseminasi atau bayi tabung untuk mempercepat proses kehamilan.

Semoga penjelasan ini dapat bermanfaat. (DNE)
 

Salam,

Tim Redaksi Klik Dokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar