Sukses

Lahir Prematur dan Susah Gemuk

20 Oct 2014, 03:44 WIB
Pria, 17 tahun.
Dok, umur saya 17 tahun, hampir menginjak 18 tahun, saya memiliki masalah dengan berat badan saya, tinggi saya 176 cm tetapi berat badan hanya sekitar 54 Kg, saya dari kecil sudah susah untuk menggemukan badan, pertanyan saya: 1.apakah itu di sebabkan oleh saya yg dulu lahir prematur usia 7 bulan? 2.ada kah cara untuk saya bisa menggemukkan badan saya dan mendapatkan berat badan yg ideal sesuai dengan tinggi saya? jika ada mohon jabarkan kepada saya cara untuk menggemukkan badan saya, saya sudah sering minum susu penggemuk,dan makan banyak entah itu di pagi atau malam hari, tetapi berat badan saya tidak kunjung bertamabah, terimakasih

Terima kasih sudah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Salah satu cara mengetahui berat badan ideal Anda adalah dengan menghitung Indeks Massa Tubuh (IMT). Untuk menghitung IMT diperlukan berat badan dan tinggi badan Anda.  

IMT dihitung dengan cara berat badan (kg) dibagi dengan tinggi badan (m) pangkat 2, atau lebih jelasnya:
IMT=BB/(TBxTB)

Contoh:
Misalkan berat badan anda 54 kilogram dan tinggi badan anda 176 cm, maka:

IMT =  54 / (1,76 x 1,76) = 17,43 (underweight)

Berat badan Anda tergolong ideal jika nilai BMI Anda berada di kisaran 18,5-22,9. 

Untuk lebih mudahnya gunakan kalkulator BMI atau pun Kalkulator kalori dari klikdokter, agar Anda mengetahui dengan pasti kondisi tubuh Anda.

Berikut adalah jawaban dari pertanyaan Anda sebelumnya

1. Efek bayi prematur saat dewasa

Jika Anda tidak mengalami masalah kesehatan ataupun gangguan tumbuh - kembang pada saat lahir, bayi dan masa pertumbuhan, maka bisa dipastikan masalah berat badan ini pun tidak berhubungan dengan riwayat kelahiran prematur Anda.

2. Cara untuk menaikkan berat badan

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menaikkan berat badan, antara lain:

  • Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal.

  • Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak makanan sumber energi dan protein dari biasanya seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu,telur. 

  • Berolahraga secara teratur. Beberapa jam setelah olahraga biasanya akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit 5 hari dalam seminggu sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh.

  • Dapat juga ditambah dengan olahraga yang berguna meningkatkan kekuatan otot seperti sit up, back up, dan biceps curl, sehingga massa otot bertambah sewajarnya (jangan khawatir akan membesar karena tidak memakai dumbell atau barbel) dan juga meningkatkan kepadatan tulang yang tentunya akan menambah berat badan anda. 
  • Istirahat yang cukup agar energi yang masuk dan keluar seimbang atau bahkan lebih besar energi yang masuk. 

  • Memperbanyak minum air putih, minimal 8 -10 gelas sehari.

Apabila makan teratur dan seimbang, biasanya akan terjadi peningkatan berat badan yang diinginkan. Tapi dengan catatan tidak mempunyai penyakit-penyakit lain seperti ada masalah gangguan tiroid, gangguan metabolisme glukosa seperti diabetes dan penyakit kronis lain.

Mengingat hal itu, tidak ada salahnya Anda memeriksakan terlebih dahulu kondisi kesehatan Anda ke dokter. Selain itu untuk mengatur menu dan menjaga stabilitas peningkatan berat badan, kami sarankan Anda berkonsultasi kepada ahli gizi secara langsung. Hal ini disebabkan karena mengatur menu untuk peningkatan berat badan membutuhkan perhitungan dan banyak pertimbangan sesuai dengan kondisi masing-masing individual. 

Berikut link artikel kami yang membahas berat badan ideal:

Berat Badan Sehat

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. (DNE)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar